Imam Nahrawi Tersangka, PSSI Khawatirkan Dana yang Belum Cair

Football5Star.com, Indonesia – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dana hibah KONI Pusat. Hal itu membuat PSSI khawatir sekaligus prihatin.

Imam tersangkut kasus korupsi karena diduga menerima uang sebesar Rp26,5 miliar. Uang itu diduga sebagai bentuk commitment fee pengurusan proposal yang diajukan KONI kepada Kemenpora.

Plt Ketua Harian PSSI, Gusti Randa berharap kasus tersebut tak mengganggu persiapan Timnas U-23 Indonesia jelang tampil di SEA Games 2019 juga kondisi olahraga nasional. Terlebih, banyak agenda olahraga yang bakal diikuti Indonesia sampai akhir masa kinerja Imam sebagai Menpora.

Imam Nahrawi Tersangkut Korupsi, PSSI Khawatirkan Dana yang Belum Cair
PSSI.org

“Prihatin dengan kabar penetapan Pak Imam Nahrawi jadi tersangka. Sebentar lagi ada SEA Games dan Indonesia banyak mengirimkan atlet dari cabang olahraga,” ujar Gusti Randa seperti dikutip Football5Star.com dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Gusti juga mengatakan bahwa sampai saat ini ada masalah terkait penandatanganan kerja sama (MoU). MoU dengan sebagian besar cabang olahraga (cabor) yang bakal tampil di SEA Games 2019 belum selesai, termasuk sepak bola.

Alhasil, banyak dana persiapan dan pemusatan latihan untuk atlet menuju SEA Games 2019 belum cair.

“Sebagian besar dana untuk TC (training center/pelatnas) juga belum cair. Mudah-mudahan ini tidak mengganggu kontingen Indonesia,” kata Gusti.

Selama bertugas menjadi Menpora, Imam sempat membuat geger dunia sepak bola Indonesia pada 2015. Pada 17 April 2015, Imam menandatangani Surat Keputusan (SK) bernomor 0137 tahun 2015 tentang pembekuan PSSI.

Dalam surat itu Kemenpora memberikan sanksi administratif berupa tidak mengakui seluruh kegiatan PSSI. Pembekuan PSSI berlangsung selama setahun dan berakhir 10 Mei 2016.

Comments
Loading...