Indonesia Jadi Tim Nasional Kedua yang Ditangani Simon McMenemy

Football5star.com, Indonesia – Teka-teki siapa yang akan menangani Timnas Indonesia senior terkuak sudah. Pada pertemuan  yang berlangsung di Hotel Sultan, Kamis (20/12) siang, PSSI secara resmi menunjuk Simon McMenemy.

Pelatih kelahiran Aberdeen tersebut akan menukangi tim nasional senior putra terhitung mulai 2019 mendatang. Timnas Indonesia merupakan timnas kedua yang ia tangani setelah Filipina pada 2010 silam.

Selain menunjuk pelatih timnas senior, PSSI juga merilis nama untuk tim-tim di bawahnya. Indra Syafrie akan diberi kewenangan untuk menangani timnas U-22, Bima Sakti “dimutasi” ke tim U-16.

Evan Dimas - Timnas Indonesia - Thailand - Piala AFF 2018
indihikami

Sementara tim nasional putri akan dipegang oleh legenda timnas Indonesia, Rully Nere. Rilisan ini terbilang mengejutkan karena tidak munculnya nama Fakhri Husaini yang tahun ini sukses membawa timnasU-16 berjaya di PIala AFF 2018.

“PSSI menyetujui dan menetapkan beberapa pelatih yang akan menangani timnas putra senior, adalah Simon McMenemy,” ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Simon bukanlah nama baru di kancah persepakbolaan dalam negeri. Namanya pertama kali mencuat saat membesut timnas Filipina pada ajang Piala AFF 2010. Ketika itu, timnya kalah dari Merah Putih di babak semifinal dalam pertarungan dua leg.

Setahun berselang, ia meninggalkan jabatan pelatih The Azkals, untuk bergabung dengan Mitra Kukar hingga 2012. Sempat melanglang buana ke Maladewa dan kembali ke Filipina, pria Skotlandia tersebut muncul lagi di Indonesia dengan menangani Bhayangkara FC.

Bersama Bhayangkara FC, ia berhasil menyabet gelar juara Liga 1 2017. Pada 19 Desember 2018, PSSI mengumumkan dirinya secara resmi menggantikan Bima Sakti sebagai pelatih kepala timnas Indonesia putra.

Comments
Loading...