Indonesia Paling Produktif di Kualifikasi Piala AFC U-16 2018

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-16 Indonesia menjadi negara pertama yang memastikan diri di ajang Piala AFF U-16 2018 di Malaysia. Lolosnya mereka itu dibarengi dengan catatan impresif dimana Garuda Muda sejauh ini jadi tim yang paling produktif di babak kualifikasi.

Tak tanggung-tanggung, bermain dalam empat laga di grup G, anak asuhan Fachri Husaini itu mampu mencetak 25 gol. Bahkan lini pertahanan mereka pun hanya kebobolan satu gol yaitu saat menghadapi Timnas U-16 Timor Leste.

Lawan yang menjadi lumbung gol bagi Indonesia adalah Timnas U-16 Kepulauan Mariana Utara. Pada laga tersebut, tanpa ampun Garuda Muda melibas lawannya itu dengan skor 18-0. Setelah itu, mereka menang 3-1 melawan Timor Leste, 1-0 melawan Timnas U-16 Thailand, dan yang terakhir menang 3-0 atas Timnas U-16 Laos.

Penyerang andalan Indonesia, Sutan Diego Zico langsung menjadi bintang di babak kualifikasi. Ia berhasil menorehkan sepuluh gol dan menjadikannya pencetak gol terbanyak sementara. Dua gol diantaranya berhasil ia cetak dalam laga terakhir melawan Laos.

Namun, catatan impressif Indonesia nampaknya masih bisa dilampaui oleh kontestan lainnya. Di grup F, Timnas U-16 Korea Utara baru bermain dua pertandingan dan sudah mencetak 19 gol. Selain itu di Grup J ada Timnas U-16 Malaysia yang sudah mencetak 20 gol dalam dua pertandingan.

Sedangkan satu lagi adalah di grup yang sama dengan Pasukan Muda Negeri Jiran, ada Timnas U-16 Jepang yang baru bermain satu pertandingan dan sudah mencetak 20 gol. Anak-anak muda dari Negeri Matahari Terbit itu bahkan sejauh ini cetak rekor kemenangan terbesar di babak kualifikasi. Mereka menghancurkan Timnas U-16 Guam dengan skor 20 gol tanpa balas.