Indonesia vs Thailand: Faktor Wasit Tak Untungkan Tim Tamu

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia akan kembali menjalani laga Pra-Piala Dunia 2022 dengan menghadapi timnas Thailand, Selasa (10/9/2019). Sebuah angin segar datang bagi anak-anak asuh Simon McMenemy karena laga Indonesia vs Thailand akan dipimpin wasit Ma Ning dari Tiongkok.

Penunjukan Ma Ning sebagai wasit laga Indonesia vs Thailand jadi kabar baik bagi tuan rumah karena satu hal. Tim Gajah-Gajah Perang tak punya rekor bagus saat dipimpin wasit berumur 40 tahun tersebut.

Sebelum laga lawan timnas Indonesia, timnas Thailand sudah dua kali diwasiti Ma Ning. Dua-duanya berkahir kekalahan. Dua-duanya diwarnai empat gol dari lawan. Dua-duanya berkahir tanpa gol bagi Tim Gajah-Gajah Perang.

Timnas Thailand dibantai 0-4 oleh timnas Uruguay dalam laga yang dipimpin Ma Ning pada Maret 2019.
foxsportsasia.com

Laga pertama timnas Thailand yang dipimpin Ma Ning adalah saat melawan Irak pada Pra-Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan yang berlangsung di kandang lawan pada 11 Oktober 2016 itu, Tim Gajah-Gajah Perang takluk 0-4 oleh quattrick dari Mohannad Abdul Rahem.

Kekalahan telak tersebut pun diwarnai satu kartu merah. Pada menit ke-69, Koravit Namwiset diusir sang wasit dari lapangan. Bek tengah Gajah-Gajah Perang itu dikeluarkan dari lapangan karena dinilai melakukan pelanggaran berat.

Tiga tahun berselang, kekalahan identik dialami timnas Thailand saat kembali dipimpin wasit Tiongkok itu. Kali ini saat menghadapi timnas Uruguay dalam turnamen China Cup 2019. Dalam laga yang berlangsung pada 25 Maret silam itu, gawang Gajah-Gajah Perang bergiliran dijebol oleh Matias Vecino, Gaston Pereiro, Cristhian Stuani, dan Maxi Gomez.

Patut dinantikan apakah rekor buruk Gajah-Gajah Perang bersama Ma Ning itu akan berlanjut atau tidak dalam laga Indonesia vs Thailand nanti. Satu hal yang pasti, meskipun kecil saja, ini jadi modal berharga bagi tuan rumah yang pada laga pertama kalah 2-3 dari timnas Malaysia.

Comments
Loading...