Infantino Berencana Tambah Peserta Putaran Final Piala Dunia

Presiden baru FIFA, Gianni Infantino, sudah mempunyai beberapa gagasan semasa kepemimpinannya. Menambah jumlah peserta putaran final Piala Dunia menjadi salah satunya.

Infantino menjadi presiden baru FIFA setalah memenangi pemungutan suara dalam kongres yang berlangsung di Zurich, Swiss, di pekan lalu. Dia mengalahkan kandidat asal Asia Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalif.

Di awal kepemimpinannya, Infantino langsung akan membuat gebrakan. Dia ingin menambah peserta di Piala Dunia dari 32 menjadi 40 tim.

Soal rencananya itu Infantino mempunyai penjelasan. Dia ingin lebih banyak negara yang bisa mewujudkan mimpi untuk bersaing di kompetisi sepakbola tertinggi antarnegara di seluruh dunia itu.

“Itu bukan suatu rahasia bahwa saya yakin dengan menambah jumlah tim di Piala Dunia. Menjadi 40 tim, ditambah delapan tim, tapi juga berarti lebih banyak perwakilan,” kata Infantino di Soccerway.

“Sebanyak 40 tim itu hanya 19 persen dari anggota FIFA, jadi itu tak terlalu banyak dibandingkan dengan konfederasi benua turnamen final yang ada di antara 30 dan 100 persen dari tim yang berpartisipasi, jadi 19 persen itu tak terlalu banyak.”

“Kami memberi lebih banyak untuk delapan negara, delapan kemungkinan lebih untuk tim-tim guna berpartisipasi, tapi lebih banyak kesempatan untuk delapan tim agar bermimpi dan berpartisipasi, untuk bermain di babak kualifikasi dengan cara yang solid.”

“Dan ini akan menjadi pendorong pengembangan sepak bola, lalu popularitas sepak bola di lebih banyak negara,” imbuhnya.

FIFAGainni InfantinoPiala Dunia