Infantino Usulkan Revolusi Soal Transfer Pemain

Football5Star.com, Indonesia – Gianni Infantino, Presiden FIFA, mengusulkan perubahan besar soal transfer pemain. Di antaranya penghapusan bursa transfer Januari dan pembatasan jumlah peminjaman pemain ke klub-klub lain. Total ada sebelas poin yang berada dalam draft yang dibuat Infantino.

Dua usulan yang coba diajukan Infantino merupakan upaya menyerap aspirasi dari bawah. Seperti diketahui, bursa transfer Januari dikeluhkan oleh banyak pihak di Inggris. Beberapa manajer sudah menyuarakan pemangkasan waktu menjadi hanya sepakan.

Juventus dan Udinese paling doyan meminjamkan pemain muda ke klub lain.
eurosport.com

Aktivitas transfer pada awal tahun itu dinilai mengganggu karena kompetisi tetap berputar di Inggris. Bahkan, intensitasnya meningkat seiring adanya laga-laga di Piala Liga dan Piala FA.

Adapun terkait pemain pinjaman, keluhan mengemuka dari Italia. Pasalnya, ada klub-klub yang sangat hobi membeli pemain muda untuk kemudian dipinjamkan ke klub-klub lain. Dua yang paling mencolok tentu saja Juventus dan Udinese. Untuk itulah, Presiden FIFA menilai perlu adanya aturan jelas dan tegas.

“Sangat penting untuk membuat aturan tertentu. Misalnya membatasi jumlah pemain yang bisa dipinjamkan oleh sebuah klub,” terang mantan Sekjen UEFA itu kepada L’Equipe, Jumat (16/2/2018).

Usulan lain yang diyakini ada dalam draft¬†Infantino adalah pembatasan gaji yang juga akan berdampak pada pengurangan komisi untuk para agen. “Tren yang ada saat ini sungguh mencemaskan. Ini alasan yang cukup untuk kami bertindak. Kita harus melindungi nilai-nilai yang selama ini dikenal sebagai bagian integral dari sepak bola,” jelas dia.

Menurut rencana, draft usulan berisi 11 poin dari pria berumur 47 tahun tersebut akan dibahas di Komite Eksekutif FIFA pada 28 Februari mendatang.

Comments
Loading...