Inggris Minta Izin Gunakan Logo Bunga Poppy Lawan Jerman

Football5Star.com, Indonesia – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengajukan permohanan izin kepada FIFA untuk menggunakan logo bunga poppy pada laga persahabatan melawan Timnas Jerman. Mengingat itu merupakan simbol peringatan penghentian perang dunia pertama dengan Jerman pada 11 November 1918.

Skotlandia dan Wales juga telah mengajukan permohonan yang sama dalam laga internasional ke depan. Begitu pula dengan Irlandia Utara yang berencana mengenakan hiasan poppy pada laga play off Piala Dunia 2018 saat menghadapi Swiss.

Keempat negara Britania tersebut tetap ngotot menggunakan lambang tersebut meski pernah didenda pada tahun 2016. Peringatan yang dikenal sebagai Armistice Day oleh negara sekutu sejatinya kerap digunakan di Liga Inggris sejak beberapa musim lalu.

independent.co.uk

Federasi sepak bola Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara telah membuat pernyataan bersama pada Senin (30/10/2017) untuk tetap menggunakan simbol poppy. Mereka juga memuji keputusan IFAB yang mendukung.

“Ini adalah niat keempat negara untuk meminta izin dari tim lawan dan FIFA untuk menampilkan poppy di ban lengan pemain,” bunyi pernyataan tersebut.

dailymail.co.uk

FIFA sebelumnya telah melarang timnas Inggris maupun Skotlandia untuk mengenakan logo tersebut di laga internasional karena dianggap sebagai simbol politis. Tak hanya tim, mereka juga melarang suporter menggunakan simbol bernuansa politik maupun agama.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) menyetujui rencana penggunaan poppy dengan catatan kedua tim dan penyelenggara sepakat. Ini karena FIFA dituding telah melakukan hukuman berat hanya karena penggunaan hiasan poppy.

Comments
Loading...