Catatan Statistik Menarik AC Milan vs Inter Milan

Football5star.com, Indonesia – Partai Derby della Madonnina jilid dua musim ini antara AC Milan vs Inter Milan akan berlangsung pada laga pekan ke-28 Liga Italia. Duel dua tim sekota ini akan dimainkan di Stadion San Siro, Minggu (17/3/2019) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Pertandingan Derby della Madonnina di Liga Italia kali ini cukup bergengsi terkait persaingan kedua tim yang berada di posisi empat besar. AC Milan menempati urutan ketiga dengan raihan 51 poin, sedangkan Inter Milan hanya terpaut satu poin di posisi keempat.

Jika menang, Milan akan memperlebar jarak sejauh empat poin dari Inter dengan kemasan 54 poin. Sebaliknya, apabila tim berjulukan I Nerazzurri sanggup mendulang tiga poin, mereka akan merebut urutan ketiga dan unggul dua poin.

Pada pertemuan pertama musim ini di Serie A, skuat asuhan Luciano Spalletti berhasil menuai kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal Mauro Icardi. Namun, potensi tidak dimainkannya Icardi bisa menjadi celah keuntungan buat tim besutan I Rossoneri kali ini.

Dilihat dari catatan pertemuan kedua tim dalam 10 pertandingan terakhir, hasil seri lebih sering terjadi, sebanyak lima kali. Inter bisa memenangi tiga laga di antaranya, sedangkan Milan hanya 2 kali.

Beppe Marotta - Inter - Derby della Madonnina - @ACMilan
Twitter/@ACMilan

Sementara itu, dalam dua dekade terakhir, laga Derby della Madonnina di Serie A sudah terjadi sebanyak 41 kali. Dari jumlah tersebut, hasil yang didapat tidak terlalu timpang.

Milan bisa 15 kali memenangi laga derbi, sedangkan Inter mendulang 16 kemenangan, dan 10 partai lainnya berakhir seri.

Selama itu, juga tidak sering tercipta kemenangan dengan margin besar. Tercatat, masing-masing Inter dan Milan hanya satu kali pernah menang dengan margin gol lebih dari tiga gol.

Kemenangan besar I Nerazzurri terjadi pada 29 Agustus 2009 saat menuai skor 4-0. I Rossoneri juga pernah mempermalukan Inter karena berhasil membuat skor 6-0 pada 11 Mei 2001. Dua kemenangan besar tersebut terjadi ketika sama-sama berstatus tim tamu.

Berikut catatan statistik kedua tim berdasarkan Opta:

  • Milan gagal mencetak gol dalam dua pertandingan derbi terakhir di Serie A.
  • Dalam sejarah, Milan hanya pernah dua kali tidak mampu mencetak gol ke gawang Inter di tiga laga beruntun. Kali terakhir terjadi pada 1977 dan 1981.
  • Tujuh dari delapan gol terakhir dalam laga Derby della Madonnina di Serie A terjadi di babak kedua.
  • Kali terakhir pemain Milan mencetak gol di pertandingan derbi pertamanya terjadi pada November 2014 yang ditorehkan Jeremy Menez.
  • Sebaliknya, kali terakhir pemain Inter mencetak gol di pertandingan derbi pertamanya dibuat Antonio Candreva pada November 2016.
  • I Nerazzurri belum pernah memenangi dua laga derbi di Serie A dalam semusim sejak 2011-12 saat menang 1-0 di pertemuan pertama dan 4-2 di bentrok kedua.
  • Dalam sejarah skor 1-1 paling sering terjadi di pertandingan AC Milan vs Inter Milan, yakni sebanyak 26 kali. Hasil imbang 1-1 terakhir terjadi pada November 2014.
  • Milan dan Inter merupakan dua dari tiga tim dengan catatan gol paling sedikit di babak pertama musim ini, yakni sebanyak 7 kali kebobolan, setara dengan catatan Juventus.
  • Tidak ada tim yang kebobolan lebih sedikit dari Inter lewat situasi open play (13 gol). Sementara itu, tidak ada tim dengan catatan kebobolan lebih sedikit dari Milan lewat situasi bola mati (4 gol).
Comments
Loading...