Ini Dia Sumber Kontroversi Gol Lewandowski

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich berhasil menjuarai Piala Super Jerman 2017 dengan mengalahkan Borussia Dortmund lewat adu penalti, Minggu (6/8/2017) dinihari WIB. Namun, kontroversi mencuat terkait gol Robert Lewandowski yang menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-18. Dalam prosesnya, Joshua Kimmich terlihat offside sebelum mengirim assist. Usai laga, Deutscher Fussball Liga (DFL) memberikan klarifikasi soal kontroversi itu.

Dalam klarifikasinya, DFL menyebut ada kesalahan teknis pada sistem Video Assistant Referee (VAR). Kesalahan teknis itu mengakibatkan garis-garis virtual tidak muncul di layar monitor pada babak pertama. Namun begitu, DFL menilai Tobias Stieler yang bertugas sebagai pengamat VAR dalam laga itu sudah mengambil langkah cermat dalam gol Lewandowski.

“Setelah mempelajari rekaman kamera dari berbagai posisi, termasuk gambar diam, asisten yang bertugas memantau video, Tobias Stieler, menyatakan tak ada masalah dalam gol Bayern yang membuat kedudukan 1-1. Jadi, tak ada alasan bagi dia untuk melakukan intervensi,” terang DFL.

Mengenai kesalahan teknis yang terjadi, DFL berjanji akan segera memperbaikinya. Hal itu, menurut otoritas tertinggi Liga Jerman tersebut, tak akan terjadi lagi saat Bundesliga 1 bergulir pada 18 Agustus 2017.

DFL, atas persetujuan klub-klub, menetapkan penggunaan VAR di Bundesliga 1 pada musim 2017-18. Laga Piala Super Jerman 2017 merupakan laga pertama yang disertai keberadaan teknologi baru pembantu wasit tersebut. Sebelumnya, DFL juga telah menerapkan Goal-Line Technology (GLT).

Terkait penggunaan VAR, bercermin pada penerapan hal serupa di Piala Konfederasi 2017, DFL memutuskan tak menayangkan secara langsung analisis VAR di layar besar yang terdapat di stadion. Analisis dilakukan secara tertutup di sebuah ruangan dan hasilnya disampaikan kepada wasit lewat perangkat komunikasi yang selama ini dipakai.

Comments
Loading...