Ini Dua Putusan Wasit Raphael Claus yang Disebut Messi Rugikan Argentina

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Argentina hanya meraih hasil imbang 1-1 saat menjamu Paraguay, Jumat (13/11/2020) pagi WIB. Selepas pertandingan, wasit Raphael Claus jadi sorotan terutama karena menganulir gol Lionel Messi pada menit ke-58 yang seharusnya jadi gol kemenangan La Albiceleste.

Gol Lionel Messi dianulir Claus atas masukan petugas VAR. Dalam pantauan VAR, terjadi pelanggaran oleh Nicolas Gonzalez terhadap Angel Romero yang mengawali proses gol tersebut. Kubu La Albiceleste meradang karena pelanggaran itu terjadi 27 detik sebelum gol dan dibiarkan oleh Claus.

Begitu golnya dinyatakan batal, Messi menghampiri Raphael Claus. Di depan sang wasit, megabintang Barcelona itu pun tak ragu berujar, “Anda sudah dua kali merugikan kami!”

Sebenarnya, putusan mana yang dimaksud Messi telah merugikan timnas Argentina? Secara pribadi, La Pulga tak mengungkapkannya. Namun, reaksi Scaloni dan publik sepak bola Argentina setelah laga mengindikasikan dua insiden yang terjadi pada babak pertama.

Claus Sahkan Gol Penalti Paraguay

Fabian Balbuena sudah masuk ke kotak penalti saat Angel Romero mengeksekusi penalti.
tycsports.com

Insiden pertama adalah penalti yang diperoleh timnas Paraguay pada menit ke-22. Publik Argentina menilai tak seharusnya Raphael Claus menunjuk titik putih. Pasalnya, Sergio Almiron tidak dilanggar Lucas Martinez Quarta. Sebaliknya, justru pemain Newcastle United itu yang terlihat sengaja menabrakkan tubuhnya kepada sang bek.

Tak hanya itu, proses penalti yang dieksekusi sempurna oleh Angel Romero juga ternyata diwarnai sebuah pelanggaran. TyC Sports menunjukkan Fabian Balbuena sudah bergerak masuk ke kotak penalti sebelum Romero selesai menendang bola.

Berdasarkan aturan yang berlaku, wasit seharusnya mengulang eksekusi penalti bila ada pemain dari kubu penendang yang masuk ke kotak penalti. Namun, Claus langsung mengesahkan gol itu. TyC Sports pun bertanya, “Di mana VAR?”

Romero Cederai Palacios

Adapun insiden kedua adalah benturan Angel Romero dengan Exequiel Palacios pada menit ke-27. Palacios yang terjajar ke belakang setelah menyundul bola diterjang dengan kedua lutut oleh Romero. Gelandang Bayer Leverkusen itu pun harus diangkut ke luar lapangan dan digantikan Giovani Lo Celso. Claus hanya mengeluarkan kartu kuning untuk pelanggaran tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan tim medis, timnas Argentina mengumumkan bahwa Palacios mengalami cedera tulang belakang. Itu persis seperti yang dialami Neymar saat berhadapan dengan Ekuador pada fase grup Piala Dunia 2014. Namun, efeknya lebih parah. Palacios bahkan diprediksi harus absen hingga akhir musim.

Insiden yang membuat Palacios cedera parah itu jadi salah satu hal yang dibahas pelatih Lionel Scaloni pada konferensi pers selepas laga. “Hari ini, seorang pemain akan absen berhar-hari atau berbulan-bulan karena tekel yang saya tak tahu maksudnya. wasit ada di sana dan VAR tak menelaah ulang. Kini, kami kehilangan pemain itu,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Todo Noticias.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More