Ini Penyebab Bobroknya Timnas Indonesia di Level Senior

Football5star.com, Indoensia – Kekalahan timnas Indonesia dari Vietnam dengan skor telak 1-3 di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia makin mengaburkan kepercayaan publik bahwa timnas kita akan lebih baik.

Menurut pengamat sepak bola nasional Yusuf Kurniawan. Masalah di level senior timnas kita memang karena putusnya pembinaan pemain usai muda di level klub. Menurut Yusuf Kurniawan, banyak pertanyaan mengapa timnas kita jago di usia muda namun bobrok di level senior.

“Saat ini kompetisi usia muda bukan lagi jadi prioritas. Saat ini klub hanya memiliki pemikiran instan. Beli pemain asing tapi tak mau membangun dari bawah,” kata Yusuf Kurniawan di Talkshow TVRI “Caketum Bicara Bola : PSSI BARU MAU KEMANA”, Rabu (16/10/2019).

jadwal Siaran Langsung indonesia vs vietnam
vtcns.com

“Di era Primavera, banyak pesepak bola muda saat itu yang begitu mengidolai Kurniawan Dwi Yulianto. Semua pemain muda ingin menjadi Kurniawan. Pun saat kehadiran Bambang Pamungkas. Saat ini kita punya generasi yang hilang,” tambahnya.

Sementara itu, calon ketum umum PSSI Aven S Hinelo mengatakan bahwa pembinaan usia muda yang terputus saat ini lebih disebabkan soal konsistensi dari pusat.

“Pembinaan usia muda, tidak konsisten program dari pusat. Ini jadi penyebabnya. Kita dari daerah mengeluarkan banyak uang untuk menyiakan tim tapi kemudian aturan berubah,” kata pria yang juga menjadi manajer klub Liga 3 Persigo Semeru.

Ke depan di bawah kepengurusan baru, Aven berharap bahwa konsistensi PSSI pusat untuk pembinaan usia muda bisa dilakukan.

“Kita berharap dari pusat ada konsisten aturan soal pemain muda. Bagi saya induk dari persoalan sepak bola kita ada di organisasi pusat. Di atas konsisten, di jalankan dengan benar, maka di level bawah akan termotivasi.”

Comments
Loading...