Ini Penyebab Wolfgang Pikal Belum Disahkan LIB Jadi Pelatih Persebaya

Football5Star.com, Indonesia – Meski telah resmi dikontrak, Wolfgang Pikal hingga kini belum diresmikan menjadi pelatih Persebaya Surabaya. Hal tersebut menyusul dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang belum mengesahkan dirinya.

PT LIB sebagai operator kompetisi belum mendapat surat izin dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Pelatih asal Austria itu masih terkendala masalah paspor. Hal itulah yang menjadi alasan utama Wolfgang Pikal tak kunjung disahkan menjadi pelatih Persebaya.

Menurut peraturan dari Kemnaker, tenaga kerja asing harus menyerahkan paspor yang masa berlakunya minimal 18 bulan. Sedangkan paspor yang dimiliki Pikal saat ini masa berlakunya kurang dari satu tahun (12 bulan). Karena itu Pikal masih harus mengurus perpanjangan paspor.

“Paspor saya harus tersedia (minimal) 18 bulan, tapi yang saya punya hanya tersedia 1 tahun sisanya. Jadi kami perpanjang lagi paspornya, bikin paspor baru,” papar Pikal seperti dikutip Football5Star.com dari laman Emosijiwaku.

Hingga laga melawan Barito Putera (28/9/2019) pekan lalu, Pikal belum bisa mendampingi tim Bajol Ijo langsung di lapangan. Dirinya hanya bisa menonton dan berkoordinasi di tribun stadion.

“Lisensi (pelatih) sudah ada, cuma izin dari Kemnaker itu belum, soalnya saya belum terima paspor dari kedutaan Austria. Mereka bilang butuh satu minggu lebih, tapi sampai sekarang belum. Mereka janji hari ini tapi ternyata belum,” paparnya.

“Kepastian untuk paspor Senin. Setelah itu paspor harus dicap dengan pemerintah. Saya belum tahu (bisa mendampingi atau tidak). Tapi masih ada waktu pertandingan sampai hari Jumat. Masih ada empat sampai lima hari,” ucapnya optimis.

Comments
Loading...