Iniesta Kesulitan Adaptasi dengan Budaya Jepang

Football5star.com, Indonesia – Sudah enam bulan Andres Iniesta meninggalkan Barcelona untuk memperkuat klub asal Jepang, Vissel Kobe. Walau begitu ia mengaku masih kesulitan beradaptasi dengan kebudayaan setempat.

Iniesta hijrah ke Vissel Kobe setelah kontraknya bersama Barcelona habis akhir musim lalu. Demi menghindari pertemuan dengan klub kampung halamannya tersebut ia pun memilih terbang ke Jepang untuk memulai karier baru di sana.

Walau masih mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya di kompetisi Liga Jepang, J-League, sang gelandang masih kesulitan menerapkan kehidupan ala warga setempat.

Andres Iniesta - Vissel Kobe - Football5star - SPORT
sport.com

“Tidak mudah beradaptasi di sini, baik dalam arti olahraga atau pun pribadi. Budaya Jepang sangat berbeda dengan budaya saya di Spanyol, tapi saya dan istri terus beradaptasi dan menikmati pengalaman baru ini,” kata Iniesta kepada Esquire, Selasa (12/2/2019).

“Budaya di sini jauh lebih tenang, Anda bisa melihat sekitar Anda dan di stadion, lapangan, ada dukungan kuat tapi itu bukan tingkat kemarahan yang sama. Mereka menangani kekalahan dengan cara yang berbeda dari yang lain,” ia menambahkan.

Selain masalah budaya setempat, gelandang 34 tahun ini juga sedang disibukkan dengan kursus bahasa Jepang tiap pekannya. Ini dilakukan agar dirinya bisa berkomunikasi dengan rekan satu tim dan lingkungan baru dengan mudah.

Sementara itu, pemain jebolan akademi La Masia ini sudah bermain sebanyak 14 kali bersama Vissel Kobe di J-League musim ini. Bahkan ia juga sudah mencetak tiga gol dan mengkreasikan tiga assist untuk klub yang bermarkas di Stadion Noevir tersebut.

Comments
Loading...