Inilah 18 Tim yang Sudah Lolos ke Babak 32-Besar Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Sebanyak 18 tim sudah memastikan lolos dari fase grup ke babak 32-besar Liga Europa setelah matchday V berlangsung pada Jumat (4/12/2020) dini hari WIB. Nama-nama besar seperti AC Milan, Tottenham Hotspur, Arsenal, AS Roma, dan PSV Eindhoven termasuk dalam 18 tim tersebut.

AC Milan memastikan lolos ke babak 32-besar setelah menang 4-2 atas Celtic FC. Tambahan 3 poin dari laga itu membuat I Rossoneri tak mungkin lagi tergeser dari posisi 2-besar Grup H karena Sparta Praha takluk 1-2 di kandang Lille OSC. Dengan koleksi 10 poin, tim asuhan Stefano Pioli unggul 4 angka atas Sparta dengan hanya satu pertandingan tersisa.

ed.nl

Kepastian lolos ke babak-32 besar Liga Europa juga didapatkan Tottenham Hotspur di kandang LASK. Meskipun hanya imbang 3-3, tim asuhan Jose Mourinho tak akan bisa dibendung lagi. Memang benar, perolehan 10 poin mereka masih dapat disamai LASK. Namun, The Lilywhites unggul head to head karena menang 4-0 pada pertemuan pertama.

Sementara itu, PSV Eindhoven memastikan lolos berkat kemenangan 1-0 di kandang Granada. Raksasa Belanda itu memastikan diri melangkah ke babak 32-besar Liga Europa karena sudah unggul 4 angka atas PAOK. Itu tak terlepas dari kekalahan PAOK di kandang Omonia. Padahal, sebelumnya, Omonia belum meraih kemenangan.

Belum Ada Wakil dari Grup F

calciomercato.com

Hampir semua grup sudah meloloskan wakil ke babak 32-besar Liga Europa. Beberapa di antaranya bahkan sudah tak menyisakan lagi tiket ke fase gugur. Satu-satunya anomali adalah Grup F. Di grup ini, penentuan 2 tim yang lolos ke fase gugur akan ditentukan pada matchday terakhir.

Tiga tim masih berpeluang lolos ke babak 32-besar dari Grup F setelah dua laga pada matchday V sama-sama berakhir imbang. Napoli imbang 1-1 di kandang AZ Alkmaar, sedangkan Real Sociedad ditahan Rijeka 2-2 di kandang sendiri.

Ketiga tim yang masih berpeluang lolos adalah Napoli, AZ Alkmaar, dan Sociedad. Napoli dengan 10 poin memimpin klasemen sementara Grup F, sementara Sociedad dan AZ sama-sama mengumpulkan 8 poin. Pada matchday pamungkas, Napoli akan menjamu Sociedad, sedangkan AZ menjamu Rijeka.

Daftar Tim yang Lolos ke Babak 32-Besar Liga Europa

Grup A: AS Roma*
Grup B: Arsenal*
Grup C: Slavia Praha, Bayer Leverkusen
Grup D: Rangers, Benfica
Grup E: Granada, PSV Eindhoven
Grup G: Leicester City, Braga
Grup H: LOSC Lille, AC Milan
Grup I: Villarreal*
Grup J: Royal Antwerp, Tottenham Hotspur
Grup K: Dinamo Zagreb*
Grup L: Hoffenheim*, Crvena Zvezda
* Dipastikan lolos sebagai juara grup

AC MilanLiga EuropaNapoliPSV EindhovenTottenham Hotspur