Inilah Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan 8-0 atas Brunei Darussalam, Selasa (4/12/2019) membuat timnas U-23 Indonesia berpeluang lolos ke semifinal SEA Games 2019. Pada klasemen sementara Grup B, tim asuhan Indra Sjafri kini berada di posisi ke-2 dengan keunggulan selisih gol atas Thailand.

Posisi pada klasemen sementara itu cukup melegakan bagi timnas U-23 Indonesia. Pada pertandingan terakhir melawan Laos, Kamis (5/12/2019), Evan Dimas dkk. hanya perlu meraih hasil lebih baik dari Thailand. Kans terbuka karena sang pesaing kuat harus saling bunuh dengan sang pemuncak klasemen, timnas U-23 Vietnam.

Kemenangan besar atas Brunei membuat timnas U-23 Indonesia berpeluang besar lolos ke semifinal SEA Games 2019.
zing.vn

Persaingan ketat di antara ketiga tim sebenarnya tidaklah mengejutkan. Sejak hasil undian grup mempertemukan ketiganya, publik sepak bola di ketiga negara sama-sama paham persaingan akan sangat ketat. Lalu, bagaimana skenario yang dibutuhkan timnas U-23 Indonesia untuk lolos ke semifinal SEA Games 2019?

Klasemen Grup B SEA Games Saat Ini

Berbekal poin sempurna dari empat pertandingan, timnas U-23 Vietnam memuncaki klasemen Grup B. Tim asuhan Park Hang-seo mengoleksi 12 poin dengan selisih gol +13, yakni memasukkan 15 gol dan kebobolan 2 gol.

Football5Star.com

Timnas U-23 Indonesia berada di posisi kedua dengan 9 poin dari empat pertandingan. Evan Dimas cs. naik satu peringkat berkat kemenangan 8-0 atas Brunei Darussalam. Tambahan 8 gol membuat mereka memiliki selisih gol +11, hasil dari 13 memasukkan dan 2 kemasukan.

Kemenangan sangat telak Garuda Muda membuat timnas U-23 Thailand tergeser ke posisi ketiga. Tim arahan Akira Nishino memang sama dengan Indonesia, memiliki 9 poin. Namun, karena hanya menang 2-0 atas Laos, selisih gol mereka hanya +10 dari memasukkan 12 gol dan kebobolan 2 gol.

Sekadar mengingatkan, keberadaan Garuda Muda di atas Suphanat Mueanta cs. bukan karena kemenangan pada pertemuan yang terjadi pada matchday pertama. Tim asuhan Indra Sjafri berada di posisi kedua karena keunggulan selisih gol dari wakil Negeri Gajah Putih itu.

Indonesia Lolos jika…

Seperti diungkapkan pada pembuka, timnas U-23 Indonesia hanya perlu memenuhi satu syarat. Itu adalah meraih hasil lebih baik dari yang didapatkan timnas U-23 Thailand pada laga terakhir. Andai Thailand kalah dari Vietnam, Garuda Muda hanya perlu hasil imbang. Bila sang rival seri, Garuda Muda harus menang.

Timnas U-23 Indonesia harus meraih hasil lebih baik dari Thailand untuk memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019.
zing.vn

Bagaimana bila Thailand mampu menang atas Vietnam? Indonesia tentu harus menang juga, tapi dengan selisih gol sama atau lebih besar. Andai Thailand menang 1-0, Garuda Muda juga perlu kemenangan 1-0 atau lebih besar dari itu.

Jikalau tak memetik kemenangan lebih besar, Indonesia tetap berpeluang lolos ke semifinal SEA Games 2019. Sebagai ilustrasi, anggaplah Osvaldo Haay cs. hanya menang 1-0 atas Laos, sedangkan Thailand menang 2-0 atas Vietnam.

Andai hasil itu yang terjadi, ketiga tim akan sama-sama memiliki 12 poin. Garuda Muda dan The War Elephants berada di atas dengan selisih sama, +12 (14-2). Adapun Vietnam tersisih karena hanya memiliki selisih gol +11 (15-4). Dari hasil pertemuan, Indonesia akan lolos sebagai juara grup.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More