Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

5 Fakta Menarik Kualifikasi Piala Dunia 2018

487

Football5star.com, Indonesia – Dua puluh sembilan negara dari seluruh benua telah memastikan diri untuk bermain di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Jauh sebelum kompetisi empat tahunan itu diselenggarakan, ramainya persaingan sudah tesaji di babak kualifikasi.

Berbagai hal menarik pun terjadi dari peserta debutan, negara dengan nama besar yang tak lolos, hingga rekor yang berhasil dipecahkan. Berikut kami rangkum 5 fakta menarik babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Munculnya Tim Debutan
zimbio.com

Pepatah “bola itu bundar” masih relevan hingga saat ini. kendati berstatus sebagai tim yang dinggulkan, Panama dan Islandia berhasil mengejutkan mata dunia. Kedua negara tersebut mampu lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya. Sesuatu yang sebelumnya mereka tak pernah rasakan.

Islandia memang dalam beberapa tahun terakhir jadi fenomena baru di Benua Biru. Pada Piala Eropa 2016 lalu, Gylfi Sigurdsson dkk berhasil melangkah hingga babak delapan besar. Di sisi lain, Panama berhasil menjadi wakil dari Zona Concacaf bahkan dengan menyingkirkan negara adidaya, Amerika Serikat.

Langganan yang Harus Absen
thesun.co.uk

Ajang piala dunia bukan layaknya sebuah pasar dimana pelanggan jadi prioritas utama. Negara dengan nama besar dan sering tampil di Piala Dunia seperti Belanda, Cile, Amerika Serikat, Kamerun, dan Ghana, harus terjungkal kali ini.

Faktor kualitas pesaing yang kian merata, buruknya kaderisasi di timnas, serta beberapa faktor lainnya membuat negara-negara tersebut menguburkan mimpi mereka bermain di Rusia. Peraih juara Piala Dunia empat kali, Italia, bahkan terancam gagal dan harus melalui babak play-off jika ingin tampil.

Keperkasaan Die Mannschaft
zimbio.com

Juara bertahan, Jerman, melalui babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan tanpa kesulitan. Sepuluh pertandingan di fase tersebut mereka lalui dengan sapu bersih kemenangan. Pasukan Joachim Loew juga jadi tim kedua di Eropa setelah Belgia yang berhasil lolos.

Catatan kemenangan itu juga dibarengi dengan produktivitasnya permainan Jerman. Total, 43 gol telah diciptakan di babak kualifikasi. Uniknya, tak ada satu pun pemain mereka yang masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak. Torehan tersebut juga membuat mereka menjadi tim yang paling subur dibandingkan peserta di zona Eropa lainnya.

Tim Tak Terkalahkan
zimbio.com

Hingga babak kualifikasi berakhir, tercatat ada sembilan tim yang belum pernah merasakan kekalahan. Empat diantaranya dari benua Afrika (Tunisia, Nigeria, Maroko, Senegal) dan Eropa (Jerman, Belgia, Inggris, Spanyol), dan satu dari Asia yaitu Iran.

Tentunya, hasil gemilang itu mengantarkan sembilan kontestan di atas membuat jalan mereka mulus untuk menuju Rusia. Iran bahkan menjadi tim ketiga yang berhasil lolos setelah Rusia (tuan rumah) dan Brasil.

Lewandowski Patahkan Rekor Ronaldo
dreamteamfc.com

Tujuh tahun lalu, seorang pemuda asal Portugal, Christiano Ronaldo berhasil menciptakan rekor pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa, dengan 15 gol. Kini, rekor tersebut berhasil terpecahkan.

Penyerang Polandia, Robert Lewandowski jadi aktornya. Pemain Bayern Munich itu selama babak kualifikasi mampu menciptakan 16 gol. Selain memecahkan rekor, ia juga menjadi top skorer di fase tersebut kali ini.