5 Fakta Menarik Nomine Ballon d’Or Tahun Ini

Football5star.com, Indonesia – France Football telah merilis 30 nama untuk tahap awal peraih Ballon d’Or tahun ini. Dari nama-nama tersebut, ada yang sudah menjadi langganan dalam beberapa tahun terakhir, ada pula yang pertama kalinya dipertimbangkan untuk jadi pemenang.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih menjadi favorit untuk bersaing hingga tahap akhir. Sementara yang lainnya, bisa menjadi penantang serius kedua pemain tersebut yang memang selalu bergantian jadi pemenang dalam delapan tahun belakangan.

Berikut ini lima fakta menarik seputar nomine Ballon d’Or 2017.

Nomine Tertua

Kipe Juventus, Gianluigi Buffon, menjadi pemain paling senior yang masuk ke daftar calon pemenang yang dirilis France Football. Pemain yang musim lalu mengantarkan timnya merengkuh Scudetto dan melangkah ke final Liga Champions tersebut kini sudah menginjka usia 39 tahun.

Nomine Termuda

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, menjadi pemain termuda yang pernah masuk ke dalam nominasi peraih Ballon d’Or dengan usia 18 tahun. Musim lalu, ia menjadi salah satu kunci penting bagi AS Monaco dalam merebut gelar Ligue 1 dan mematahkan dominasi PSG yang beberapa tahun sebelumnya selalu keluar menjadi kampiun. Mbappe memecahkan rekor Lionel Messi dan Ronaldo Luiz Nazario de Lima sebagai nomine termuda dengan usia 20 tahun.

Dominasi Penyerang

Nomine tahun ini didominasi oleh nama-nama yang beroperasi di lini serang. Selain tentunya Ronaldo dan Messi, ada Neymar yang digadang-gadang ada di barisan terdepan untuk meneruskan estafet dari kedua pemain tersebut. Kemudian masih ada kandidat kuat lain seperti Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, serta Paulo Dybala.

La Liga Dominan

Sebanyak 12 dari 30 pemain yang bersaing pada seleksi awal merupakan nama-nama yang berlaga di La Liga. Diikuti oleh Premier League yang diwakili tujuh pemain, Serie A dan Ligue 1 dengan empat pemain, serta Bundesliga tiga pemain.

Kandidat Tahun Lalu

Terdapat 13 pemain yang kembali masuk ke dalam daftar 30 orang kandidat awal pemenang tahun ini. Di antaranya adalah Antoine Griezman, Gianluigi Buffon, dan Paulo Dybala. Ketiga nama tersebut dianggap paling mendekati dominasi Ronaldo dan Messi dalam beberapa tahun terakhir

Comments
Loading...