5 Fakta Menarik Sejarah Belanda vs Jerman

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Akhir pekan ini, tepatnya Minggu (14/10/2018) dini hari WIB, akan tersaji sebuah partai klasik di ajang UEFA Nations League A. Laga klasik itu adalah Belanda vs Jerman yang akan digelar di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam.

Laga Belanda vs Jerman selalu menjanjikan pertarungan seru dan menarik. Terutama setelah kekalahan menyakitkan Oranje di final Piala Dunia 1974. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik sejarah pertemuan dua negara bertetangga di Eropa tersebut.


1. Berawal di Klarenbeek

Belanda vs Jerman 1910
soccernostalgia.blogspot.com

Laga Belanda vs Jerman terbilang jarang tersaji, baik di ajang resmi maupun uji tanding. Laga di Johan Cruyff Arena nanti adalah edisi ke-41. Meskipun demikian, sejarah pertemuan keduanya sudah cukup panjang. Pasalnya, edisi pertama Belanda vs Jerman tersaji pada 1910 di Stadion Klarenbeek, Vitesse.

Pertarungan tersebut berakhir dengan skor 4-2 bagi Oranje. Jan Thomee memborong dua dari empat gol tim asuhan Edgar Chadwick. Dua gol lainnya berasal dari Guus Lutjens dan bunuh diri Walter Hempel. Adapun dua gol balasan Die Mannschaft dijaringkan Eugen Kipp dan Willy Fick.


2. Berbagi babak, Berbagi Hasil

Pertemuan Belanda vs Jerman di Stadion ZAC, 24 Maret 1912, hingga kini masih tercatat sebagai laga dengan jumlah gol terbanyak. Di laga itu, sepuluh gol tercipta. Lima untuk Oranje, lima untuk Die Mannschaft. Menariknya, tim tamu unggul 3-2 pada babak pertama, sedangkan babak kedua dimenangi tuan rumah dengan skor sama.

Di pertandingan itu, Julius Hirsch mencatatkan rekor tersendiri. Dialah satu-satunya pemain yang membuat haul ’empat gol’ dalam laga Belanda vs Jerman. Hirsch membuat dua gol pada babak pertama yang membawa Jerman unggul 3-2 dan dua gol lagi pada babak kedua yang membuat skor sama kuat 5-5.


3. Pesta Gol di Koeln

Belanda vs Jerman 1959
express.de

Skor kemenangan terbesar dalam pertemuan Belanda vs Jerman adalah 7-0 bagi Jerman. Kemenangan sangat telak itu dibukukan dalam uji tanding di Stadion Mungersdorfer, Koeln, pada 21 Oktober 1959. Legenda timnas Jerman, Uwe Seeler, tampil gemilang dengan menjejalkan tiga gol ke gawang Eddy Pieters Graafland.

Laga baru berjalan sebelas menit, Graafland sudah harus memungut bola dari gawangnya akibat ulah Albert Bruells. Aki Schmidt lantas membuat Die Mannschaft unggul 2-0 pada menit ke-30. Memasuki babak kedua, Seeler menggila. Dia menjaringkan bola pada menit ke-54, 65, dan 87. Sebelum gol ketiga Seeler, Schmidt mencetak gol keduanya pada menit ke-77. Pesta gol lantas ditutup Gerhard Siedl hanya semenit jelang akhir pertandingan.


4. Thomee Tersubur

Timnas Belanda dan Jerman memiliki banyak striker ulung dan ternama. Sebut saja Marco van Basten, Ruud van Nistelrooy, Dennis Bergkamp, Robin van Persie, Klaas-Jan Huntelaar, Uwe Seeler, Gerd Mueller, Juergen Klinsmann, dan Miroslav Klose. Namun, tak satu pun dari mereka yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di laga Belanda vs Jerman.

Sosok yang menjadi pemain tersubur dalam pertemuan kedua tim adalah Jan Thomee. Dia total menjaringkan lima gol dalam tiga pertandingan. Di tiga laga itu, dia tak absen mencetak gol. Bahkan, dua kali dia membuat brace ‘dua gol’. Koleksi Thomee itu satu gol lebih banyak dari Mannes Francken, Wim Tap, Julius Hirsch, Josef Pottinger, Uwe Seeler, dan Otto Harder.


5. Matthaeus Tersering

Matthaeus di Belanda vs Jerman 1980
Twitter @OmarrYassin1

Lothar Matthaeus tercatat sebagai pemain yang paling sering tampil dalam laga Belanda vs Jerman. Kapten Die Mannschaft saat juara Piala Dunia 1990 tersebut tercatat turun dalam delapan pertemuan kedua tim dari 1980 hingga 2000. Dalam delapan laga tersebut, hanya sekali dia turun sebagai pemain pengganti, yakni pada pertemuan pertama.

Di belakang Matthaeus, ada enam pemain Belanda dan tiga pemain Jerman yang sama-sama turun dalam enam pertemuan kedua tim. Keenam penggawa Oranje itu adalah Hans van Breukelen, Puck van Heel, Ronald Koeman, Edwin van der Sar, Adri van Tiggelen, dan Philip Cocu. Adapun tiga pemain Die Mannschaft yang juga tampil dalam enam pertemuan kedua tim adalah  Andreas Brehme, Juergen Kohler, dan Juergen Klinsmann.

Comments
Loading...