5 Mantan Pesepak bola yang Menjadi Politisi

Football5Star.com, Indonesia – Tidak semua pemain sepak bola akan terus bergelut dengan si kulit bundar setelah pensiun dari lapangan hijau. Banyak pula yang berkarier di luar itu dengan berbagai alasan, salah satunya dengan menjadi politisi. Setidaknya ada 5 mantan pesepak bola yang banting stir ke ranah politik.

Baru-baru ini, George Weah menggegerkan dunia dengan terpilihnya ia menjadi presiden Liberia yang baru. Legenda AC Milan ini sukses meraih suara terbanyak pada Pemilu yang dilakukan hingga dua putaran.

Namun, ia bukan satu-satunya mantan pemain yang terjun ke dunia politik. Berikut 5 eks gladiator lapangan hijau yang berkarier menjadi politisi yang telah dirangkum Football5Star:

  1. Lilian Thuram
zimbio.com

Thuram bisa dikatakan telah memenangi hampir segalanya. Berlimpah gelar di tingkat klub dan menjadi juara dunia bersama Prancis pada 1998 silam membuatnya dikenal seantero Prancis. Hal tersebut pun membuatnya memberanikan diri ikut pada debat presiden negaranya itu pada 2005 lalu.

Ia terlibat perdebatan sengit dengan pemimpin partai UMP ketika itu, Nicolas Sarkozy, yang kemudian terpilih menjadi presiden. Sarkozy yang dikenal sebagai politisi sayap kanan memang kerap melontarkan ketidaksukaannya pada imigran di negaranya. Kendati demikian, dirinya pernah menawarkan Thuram menjadi Menteri Keberagaman, tapi tawaran itu ditolak.

  1. Oleg Blokhin
zimbio.com

Oleh Blokhin dikenal sebagai pelatih tersukses di Ukraina. Ia menjadi juru taktik pertama yang membawa negaranya itu lolos ke putara final Piala Dunia 2006 di era pertamanya menangani Andrey Shevchenko dkk.

Jauh sebelum menekuni dunia kepelatihan, Legenda Uni Soviet ini menekuni dunia politik dan terpilih sebagai anggota parlemen negaranya. Ia maju sebagai anggota partai Hromada di tahun 1998 lalu, dan kini menjadi anggota Partai Komunis di Ukraina.

  1. Hakan Sukur
zimbio.com

Hakan Sukur ialah legenda sepakbola Turki. Ia merupakan pencetak gol tercepat pada Piala Dunia 2002 saat negaranya menjadi juara ketiga pada gelaran turnamen tersebut. Selain itu, dirinya juga dianugerahi sebagai Legenda dalam Golden Foot Award pada tahun 2014.

Dengan kepopulerannya di Turki membuat Sukur berani terjun ke dunia politik dan masuk sebagai anggota Parlemen dari partai penguasa pada tahun 2011. Namun sayangnya, pada tahun 2016 ia pernah ditahan karena dituduh sebagai bagian dari kelompok bersenjata.

  1. Kakha Kaladze
kaladze.ge

Eks pemain AC Milan, Kakha Kaladze, pensiun pada tahun 2012. Setelah itu, ia kemudian terjun ke dunia politik. Kariernya di dunia yang sejatinya kerap bergesekan dengan sepak bola ini dimulai dengan bergabungnya ia pada partai oposisi pemerintah, Georgian Dream-Demokratic.

Setelah bergabung, pria yang menyandang sebagai pemain terbaik Georgia sebanyak tiga kali ini kemudian diangkat menjadi menteri di bidang energi dalam kabinet pemerintahan Bidzina Ivanishvili, yang sekaligus pendiri partai oposisi tersebut, sejak 2012. Saat ini, ia menjabat sebagai walikota Tbilisi, ibu kota Georgia.

  1. Roman Pavlyuchenko
zimbio.com

Mantan pemain Tottenham Hotspur ini terjun di dunia politik ketika statusnya masih aktif sebagai pemain profesional. Pavlyuchenko bergabung dengan Partai Persatuan Rusia pada 2007 lalu dan terpilih menjadi anggota dewan dari partai pimpinan Vladimir Putin itu. Dirinya menang pada pemilihan di kampung halamannya, Stavropol.

Kabar keterlibatannya di dunia politik sempat membuat kubu Spurs geram. Mereka menilai Pavlyuchenko hanya ingin memanfaatkan jabatannya tersebut. Sebelumnya ia memang pernah berujar bahwa niatnya berkarier di dunia politik untuk menopang keuangannya.

 

Comments
Loading...