Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

5 Momen Tak Terlupakan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018

398

Football5Star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 akan resmi digelar pada Juni tahun depan. 32 negara pun sudah lengkap memenuhi jatah yang tersedia setelah berhasil lolos dari babak kualfikasi zona-nya masing-masing. Di balik itu semua, setidaknya ada 5 momen tak terlupakan yang terjadi selama perjuangan mereka melaju ke Rusia.

Ada yang memastikan diri ke lolos lewat kemenangan dramatis di akhir laga, ada pula yang menciptakan sejarah karena untuk kali pertama berlaga di kompetisi akbar tersebut. Memang tidak semua momen tersebut diganjar dengan tiket lolos Piala Dunia. Namun, bukan berarti apa yang mereka lalui di babak kualifikasi tidak menyisakan cerita yang tidak bisa dilupakan.

Berikut 5 momen terbaik babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang telah dirangkum Football5Star:

  1. Panama Lolos Piala Dunia Pertama Kali

Panama memang bukan satu-satunya debutan di Rusia. Namun, perjuangan mereka sampai memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 cukup menyita perhatian. Negara yang tak pernah diperhitungkan di zona CONCACAF ini justru tampil mengejutkan sepanjang kualifikasi. Bahkan mereka mampu menghadang laju Amerika Serikat dan meraih posisi ketiga klasemen.

Yang mengejutkan dari penampilan anak asuh Hernan Gomez adalah kesuksesan mereka mengalahkan Kosta Rika di laga pamungkas, Rabu (11/10/2017). Sempat tertinggal lebih dulu, Panama berhasil membalikkan keadaan di menit akhir pertandingan melalui gol Roman Torres. Sontak gol ini membuat seisi Stadion gegap gempita. Pemerintah setempat pun menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai hari libur nasional.

2. Dugaan Kolombia vs Peru Main Mata

Drama babak kualifikasi sempat terjadi di zona CONMEBOL. Hingga laga terakhir, setidaknya ada enam negara Amerika Latin yang masih memiliki peluang yang sama untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka adalah Argentina, Peru, Chile, Paraguay, Uruguay, dan Kolombia. Salah satu laga yang mencuri perhatian adalah pertemuan Kolombia vs Peru di Lima.

Peru sempat tertinggal lebih dulu di laga tersebut. Namun, Paulo Guerrero cs yang tadinya bersemangat mengejar gol kemenangan secara tiba-tiba mengendurkan serangan. Usut punya usut, Radamel Falcao sempat membisikkan hasil pertandingan Chile yang dikalahkan Brasil 3-0. Artinya, hasil imbang yang didapat Peru sudah cukup memastikan mereka lolos untuk pertama kali sejak 1982.

   3. Perjuangan Heroik Suriah

Suriah memang tidak lolos ke Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Australia di babak play off. Namun, apa yang mereka capai selama babak kualifikasi patut diacungi jempol. Negara teluk ini untuk pertama kalinya melaju lebih jauh setelah berhasil menahan imbang Iran 2-2 di Teheran di laga terakhir Grup A lewat gol yang dicetak Omar Al Soma di masa injury time.

Gol tersebut sontak membuat seluruh skuat Suriah di banch tumpah ruah ke lapangan. Satu hal yang tidak kalah menarik adalah bagaimana komentator yang memandu laga tersebut sangat emosional hingga menangis tak percaya negaranya bisa berprestasi di tengah konflik bersenjata yang membelenggu.

   4. Laga Ulang Afrika Selatan vs Senegal

ghanasoccernet.com

Satu laga di babak kualifikasi zona Afrika ini cukup menyita perhatian. Bagaimana tidak, pertandingan Afrika Selatan kontra Senegal yang sejatinya sudah berlangsung tahun lalu itu harus diulang. Penyebabnya adalah wasit yang memimpin laga, Joseph Lamptey, sedang manjalani masa hukuman. Pengadil asal Ghana ini divonis bersalah setelah melakukan kecurangan di laga sebelumnya.

Ironisnya, pada pertandingan pertama itu, Afrika Selatan menang dengan skor 2-1. Namun, setelah laga diulang akhir pekan lalu, Senegal berbalik unggul 2-0 dan memastikan diri lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2002 silam. Sedangkan Tim Bafana Bafana harus puas berada di posisi juru kunci Grup D.

   5. Gol Penentu Mohamed Salah

bleacherreport.net

Mesir berhasil lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990. Yang menjadi tak terlupakan dari laga penentu antara Mesir vs Kongo adalah gol yang dicetak Mohamed Salah di menit-menit akhir pertandingan. Tendangan penalti bintang Liverpool itu berhasil memastikan negaranya melaju ke Rusia.

Stadion Borg El Arab sempat berharap cemas ketika Kongo berhasil menyamakan kedudukan pada menit 87. Namun, brace Salah mampu mengubah sejarah negara yang sempat berkecamuk perang beberapa tahun lalu itu. Berkat jasanya, nama pemain 25 tahun itu pun diabadikan menjadi nama sekolah di kampung halamannya.