Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Advocaat Tinggalkan Timnas Belanda dengan Rekor

145

Football5Star.com, Indonesia – Dick Advocaat mengakhiri kariernya sebagai pelatih timnas Belanda dengan sebuah torehan rekor. Kemenangan 3-0 yang dibukukan Oranje atas Rumania dalam uji tanding, Rabu (15/11/2017) dinihari WIB, membuat dia melampau rekor kemenangan Bob Glendenning. Itu merupakan kemenangan ke-37 yang diraih Advocaat sebagai bondscoach Oranje.

Advocaat kembali menangani timnas Belanda pada Juni silam. Saat itu, dia sudah mengemas 31 kemenangan yang diraih pada dua periode sebelunya, yakni 1992-1994 dan 2002-04. Dia kemudian menambahkan enam kemenangan dalam tujuh laga yang dilakoninya. Itu membuat dia melewati rekor Glendenning yang meraih 36 kemenangan pada kurun 1925 s.d. 1940.

Meskipun menorehkan rekor apik, Advocaat tidak mengubah pendiriannya untuk mundur dari timnas Belanda. Seperti diungkapkan sebelumnya, dia akan membuat putusan usai laga melawan Rumania.

“Saya berhenti karena saya berpikir inilah saatnya bagi generasi lain,” ungkap Advocaat dalam pernyataan resmi yang dirilis KNVB. “Saya tak punya keraguan atas putusan ini. Ini merupakan waktunya bagi orang-orang yang lebih muda. Ini saatnya mereka memperlihatkan kemampuan mereka.”

Lebih jauh, seperti diungkapkan kepada NOS, pelatih berumur 70 tahun itu, putusan tersebut sesuai kesepakan awal. “Agen saya, Rob Jansen, sudah tahu ketika saya menandatangani kontrak bahwa saya akan berhenti jika kami gagal lolos (ke Piala Dunia 2018),” terang dia.

Menyangkut kelanjutan kiprahnya, pelatih yang sempat berjaya bersama PSV Eindhoven, Rangers FC, dan Zenit St. Petersburg itu masih bungkam. Dia enggan menyebutkan rencananya ke depan.