Tiga Klub Besar Belanda akan Berbagi Uang Kompetisi Eropa

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Tiga kesebelasan besar Belanda, Ajax, PSV, dan Feyenoord, membuat sejarah hari ini. Ketiganya sepakat akan membagi hasil uang hadiah dari Liga Champions yang mereka ikuti kepada tim-tim lain di Eredivisie. Hal ini sendiri dilakukan sebagai upaya pemerataan agar klub-klub kecil lain di Belanda ikut berkembang. Untuk musim ini sendiri, hanya Ajax dan PSV yang mentas di Liga Champions.

Klub-klub Belanda sendiri memang sudah lama sekali berjaya di kompetisi Eropa. Ajax, misalnya, terakhir mereka menjuarai Liga Champions pada musim 1994/1995. Ajax sempat lolos ke final Liga Europa musim 2016/2017, tapi takluk melawan Manchester United. Selebihnya, mereka semakin menjadi minoritas di kompetisi akbar Benua Biru.

Didorong keinginan untuk mendorong pertumbuhan liganya, ketiga klub besar Belanda ini kemudian memutuskan untuk membagi uang hasil Liga Champions-nya. Andaikata keduanya tersingkir di babak grup musim ini, baik Ajax atau PSV akan mengumpulkan uang hadiah dari match fee dan lain-lain dengan nilai sekitar 20-25 juta euro. Dari nominal tersebut, 10%-nya akan dibagikan ke tim-tim lain di Eredivisie.

Ajax PSV

Bagi Eredivisie, koefisien mereka semakin menurun karena kalah dengan konsistensi wakil Eropa lainnya. Spanyol begitu tertolong dengan superiornya Barcelona dan Real Madrid, sementara Jerman sangat konsisten bersama Bayern Munich. Bahkan Italia tengah menggeliat ketika Napoli, Internazionale Milano, dan AS Roma mampu mengimbangi Juventus sebagai wakil Negeri Pizza.

Selama ini, Liga Belanda hanya dianggap sebagai produsen pemain muda potensial saja. Mereka ekspor pemain bintang ke liga-liga mapan Eropa dan membuat pertumbuhan liganya tersendat. Dengan pembagian hasil tersebut, diharapkan klub-klub lain Eredivisie akan mengimbangi pertumbuhan ketiga klub besar Negeri Kincir Angin.

Comments
Loading...