Berkat FFP, Klub-Klub di Eropa Raih Keuntungan untuk Pertama Kali

64

Banner Footbal Live Star-Football5star

 

Football5star.com, Indonesia – Penerapan Financial Fair Play (FFP) di klub-klub Eropa mulai membuahkan hasil. Organisasi sepak bola Eropa, UEFA, baru-baru ini merilis laporan keuangan terbaru. Dalam rilis tersebut terbukti adanya keuntungan yang diraih untuk pertama kali dalam 20 tahun terakhir.

Seperti yang dilansir situs resmi UEFA, 29 klub dari 54 liga divisi teratas meraih keuntungan. Angka ini terbilang fenomenal mengingat hanya ada delapan klub yang untung ketika FFP pertama kali diberlakukan.

Kendati tidak banyak mengalami peningkatan pendapatan tiap tahunnya, setiap klub setidaknya mengantongi pendapatan sebesar 1,600 juta euro pada tahun lalu. Nilai ini meningkat tujuh kali lipat dari yang didapat selama 20 tahun terakhir.

@fmmi

Angka di atas pun memunculkan fakta baru. Untuk keempat kalinya dalam lima tahun terakhir pendapatan klub meningkat lebih cepat. Melihat keberhasilan ini, presiden UEFA, Aleksander Ceferin pun berterima kasih pada FFP karena telah membantu menyehatkan keuangan klub-klub Eropa.

“Terima kasih kepada FFP, Sepak bola Eropa jauh lebih sehat sekarang. Angka 600 juta euro yang merupakan keuntungan dari gabungan klub-klub pada 2017 lalu meningkat luar biasa setelah mengalami kerugian sebesar 1,700 juta eurp pada 2011 saat FFP baru diperkenalkan,” ujar Ceferin kepada UEFA.com, Minggu (9/9/2018).

“Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras UEFA dan para anggota dalam memperkenalkan sistem perizinan termasuk pengendalian biaya yang sudah menghasilkan sistem keuangan yang lebih disiplin. FFP telah menyediakan platform bagi klub untuk mengendalikan biaya dan membayar utang mereka,” tegasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.