Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Piala Dunia Tidak Ramah Bagi Tim Debutan

320

Football5star.com, Indonesia – Sejak pertama kali digulirkan pada 1930, total sudah ada 79 negara yang ambil bagian dalam Piala Dunia. Islandia dan Panama menjadi peserta paling baru dalam turnamen empat tahunan tersebut. Keduanya baru saja mencetak sejarah untuk lolos pertama kalinya, setelah berhasil melewati babak kualifikasi.

Gelaran sepak bola terakbar ini selalu menghadirkan tim debutan di setiap edisinya. Nasibnya bermaca-macam, mulai dari hanya menjadi tim penyemarak, hingga ancaman serius bagi para kandidat juara, pernah mewarnai turnamen yang kini memasuki edisi-21 tersebut.

Pada kenyataanya, Piala Dunia tidak terlalu ramah bagi para debutan. Dalam lima edisi terakhir, mayoritas negara yang pertama kali ikut berpartisipasi tidak berhasil melewati fase grup. Dalam lima edisi terakhir, hanya Kroasia yang mencatatkan prestasi terbaik sebagai tim debutan. Mereka berhasil menembus semifinal Piala Dunia 1998 saat diadakan di Prancis.

Perjuangan mereka kandas oleh tuan rumah. Pada perebutan tempat ketiga, mereka sukses menundukkan tim favorit Belanda dengan skor tipis 2-1. Negara pecahan Kroasia, Republik Federal Yugoslavia, hanya mampu mencapai 16 besar di tahun yang sama. Senegal juga sempat mencuri perhatian saat tampil di Korea dan Jepang pada 2002. Tim Singa Teranga mampu menembus perempatt final saat itu. Bahkan, mereka mampu mengalahkan sang juara bertahan, Prancis di fase grup.

Berikut para debutan Piala Dunia dalam lima edisi terakhir, beserta dengan pencapaiannya:

1998
Kroasia (peringkat ketiga), Jamaika (fase grup), Jepang (fase grup), Afrika Selatan (fase grup), Republik Federal Yugoslavia (babak 16 besar).

2002
China (fase grup), Ekuador (fase grup), Senegal (perempat final), Slovenia (fase grup)

2006
Pantai Gading (fase grup), Angola (fase grup), Ghana (babak 16 besar),  Togo (fase grup), Trinidad dan Tobago (fase grup), Ukraina (perempat final), Ceko (fase grup), Serbia dan Montenegro (fase grup).

2010
Slovakia (babak 16 besar), Serbia (fase grup)

2014
Bosnia dan Herzegovina