Demi Timnas Italia, Ranieri Siap Mundur dari Nantes

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Nantes, Claudio Ranieri, menegaskan dirinya siap mundur dari klubnya jika FIGC menawarinya posisi sebagai Pelatih Tim Nasional Italia.

Saat ini kursi pelatih Gli Azzurri sedang tidak berpenghuni setelah federasi sepak bola Italia, FIGC, memecat Gian Piero Ventura pada bulan lalu. Keputusan tersebut diambil karena Ventura gagal meloloskan Italia ke putaran final Piala Dunia 2018 akibat kalah agregat 0-1 dari Swedia pada play-off kualifikasi.

claudio ranieri, nantes (zimbio.com)
Getty Images

Hasil negatif tersebut ikut memberikan dampak bagi Presiden FIGC, Carlo Tavecchio. Ketika mengadakan pertemuan untuk membahas masalah yang dihadapi timnas, termasuk siapa kandidat pelatih, Tavecchio mengumumkan mundur dari jabatannya. Di antara deretan calon pelatih yang menjadi kandidat suksesor Ventura, terselip nama Ranieri.

“Kekalahan playoff dari Swedia hampir bisa diprediksi. Mungkin itu bisa menjadi bagus, karena sepak bola Italia butuh reformasi. Kami harus mengembalikan Timnas Italia ke pusat segalanya. Tentu saja, semua orang ingin mendapatkan pekerjaan itu di Italia, tapi saya sangat senang di Nantes,” kata Ranieri kepada Corriere dello Sport.

“Jika sebuah permintaan tiba, saya akan meminta Presiden Nantes untuk mengizinkan saya pergi. Namun, menurut saya yang paling penting adalah mereformasi FIGC, dengan energi dan gagasan segar. ”

Ranieri sendiri berkerja sangat baik bersama Nantes musim ini. Ia membawa klub itu ke papan atas Ligue 1.

“Ini memuaskan, karena tim berada di dasar klasemen pertengahan musim lalu. Mereka bekerja dengan baik bersama Sergio Conceicao. Sekarang kami bersenang-senang. Sayangnya, Paris Saint-Germain berada di luar jangkauan siapa pun,” Ranieri menambahkan.

Comments
Loading...