Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Donadoni Klaim Menolak Menjadi Pelatih Timnas Italia

266

Football5star.com, Indonesia – Roberto Donadoni pernah mendapat tawaran untuk kembali menangani Timnas Italia. Nyatanya, mantan pemain AC Milan tersebut menolak kesempatan itu karena dia menghormati kontraknya dengan Bologna.

Pria 54 tahun ini pernah menduduki kursi pelatih Azzurri setelah skandal calciopoli yang melanda Serie A dan kesuksesan negara tersebut meraih gelar juara Piala Dunia 2006 bersama Marcelo Lippi. Donadoni mengarsiteki timnas selama 2006-2008 dengan hasil terbaik mencapai perempat final Piala Eropa 2008.

Presiden federasi sepak bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, pada awalnya membidik Donadoni sebagai target utama. Namun, penolakan Donadoni membuat FIGC mengangkat Gian Piero Ventura sebagai nakhoda tim.

“Ada kemungkinan ini tetapi saya lebih memilih untuk menghormati kontrak saya bersama Bologna,” ujar Donadoni dalam jumpa pers pada Minggu (19/11/2017).

“Saya bahagia karena membuat keputusan ini. Hal tersebut benar dan saya akan melakukannya lagi. Bagaimana pun, saya berterima kasih kepada Tavecchio atas rasa hormat yang ditunjukkan kepadaku.”

Saat ini kursi pelatih timnas Italia sedang lowong, menyusul pemecatan yang dilakukan kepada Ventura pada Rabu (15/11). FIGC mengambil langkah tersebut setelah Italia gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018 akibat kalah agregat 0-1 dari Swedia pada play-off babak kualifikasi zona Eropa.

Hasil 0-0 pada leg kedua di San Siro, Minggu (12/11), menjadi petaka bagi Ventura karena mereka tak mampu membalikkan kekalahan pada leg pertama di Swedia. Dalam lawatannya ke markas lawan tiga hari sebelum pertemuan di San Siro, Italia kalah 0-1.

Kegagalan tersebut menjadi yang pertama bagi Italia sejak absen pada Piala Dunia 1958. Total, peraih empat gelar Piala Dunia ini sudah absen sebanyak tiga kali dalam turnamen paling bergengsi tersebut.