Egy Maulana Jadi Starter, Lechia Gdansk Malah Kalah

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Penyerang muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, akhirnya dimainkan sebagai starter di tim utama Lechia Gdansk. Akan tetapi, Egy gagal membawa tim asal Polandia itu menghindari kekalahan. Dalam laga uji coba melawan Karpaty Lviv (Ukraina) di Stadion Energa Gdansk, Lechia takluk 0-1, Minggu (9/9).

Jeda internasional memang dijadikan kesempatan oleh pelatih Lechia, Piotr Stokowiec, untuk memberi kesempatan bermain kepada Egy. Sebelumnya, penyerang andalan Timnas U-19 Indonesia itu hanya bermain di tim cadangan Lechia.

Egy sempat dimasukkan ke dalam skuat utama Lechia yang tampil menghadapi Korona Kielce, Sabtu (1/9), di Ekstraklas. Meski begitu, jebolan sekolah sepak bola Ragunan itu tak memperoleh waktu bermain. Dia hanya menyaksikan dari bangku cadangan ketika rekan-rekannya memetik kemenangan 2-0 via brace Flavio Paixao.

Berjarak kurang dari dua pekan setelahnya, Stokowiec akhirnya menjajal Egy dalam uji coba melawan Karpaty. Tak tanggung-tanggung, Egy langsung diturunkan sebagai starter. Di laga ini, Stokowiec memang coba menjajal beberapa nama yang tidak tampil reguler di Ekstraklasa, dikombinasikan pemain muda.

Stokowiec menempatkan Egy, yang memakai nomor 10, di posisi penyerang kanan dalam formasi 4-3-3. Egy bersama Sławomir Peszko mendampingi penyerang utama, Artur Sobiech. Harapan Stokowiec adalah agar Egy bisa menularkan performa apiknya di tim cadangan Lechia dengan torehan 5 gol dan 4 assists.

“Egy akan menjalani debut di tim utama, tetapi harus menunggu momen yang tepat. Kita harus bersabar,” ucap Stokowiec seperti dikutip Football5star.com dari Wyborcza.pl beberapa waktu lalu.

Sial bagi Egy. Harapan untuk unjuk gigi urung terwujud dalam pertandingan yang disaksikan 9.437 penonton itu. Pasalnya, Lechia gagal mengembangkan permainan sejak awal laga. Bahkan, Karpaty mampu membuka skor pada menit ke-23 melalui eksekusi penalti Cristian Ponde. Aksi-aksi Egy pun tak begitu terlihat sepanjang babak pertama.

Pada paruh kedua, Egy masih mendapatkan kesempatan sampai akhirnya ditarik keluar pada menit ke-60. Poisisi Egy digantikan oleh Mateusz Żukowski, yang masuk bersama lima pemain muda lainnya. Lechia sampai akhir laga pun tak mampu mencetak gol penyeimbang. Hasil itu tentu bukan debut yang diharapkan bagi Egy. Namun, jam terbang yang diberikan Stokowiec berguna bagi pemuda berusia 18 tahun itu untuk proses adaptasinya di Eropa.

Setelah uji coba melawan Karpaty, Lechia akan bertarung menjaga posisi puncak klasemen Ekstraklasa menghadapi Wisla Krakow, Minggu (16/9). Jika kalah, poin 17 yang dikoleksi Lechia akan disamai oleh Wisla. Apakah Egy akan diberi kesempatan bermain pada laga penting itu? Hanya Stokowiec yang bisa menjawabnya.

SUSUNAN PEMAIN

Lechia Gdańsk: Zlatan Alomerović; Joao Nunes (Jakub Kapuściński 60), Błażej Augustyn, Steven Vitoria (Michal Nalepa 46), Mateusz Lewandowski (Bartosz Kuźniarski 60); Ariel Borysiuk (Adrian Petk 60) (Sebastian Rugowski 85), Rafał Wolski (Mateusz Sopoćko 46), Tomasz Makowski (Mateusz Cegiełka 60) (Marcel Wszołek 85) – Egy Maulana Vikri (Mateusz Żukowski 60), Artur Sobiech (Jakub Arak 60), Sławomir Peszko (Przemysław Macierzyński 60)

Karpaty Lviv: Mykyta Shevchenko – Artem Fedetsky, Oleksiy Kovtun, Oleg Borodai, Adi Mehremic, Dmytro Klyots, Nazar Verbny, William De Camargo, Kevin Méndez, Jorge Carrascal, Cristian Ponde


Comments
Loading...