Eks LA Galaxy Ditunjuk Sebagai Pelatih Amerika Serikat

Football5star.com, Indonesia – Teka-teki mengenai siapa sosok yang akan menjadi pelatih Timnas Amerika Serikat terjawab sudah. Mantan penggawa Los Angeles Galaxy, Gregg Berhalter, resmi ditunjuk sebagai pelatih Amerika Serikat menggantikan caretaker, Dave Sarachan.

Sarachan sempat menangani Timnas Negeri Paman Sam selama setahun setelah pelatih sebelumnya, Bruce Arena, memutuskan untuk mundur. Arena memutuskan mundur karena gagal membawa Amerika Serikat berlaga di Piala Dunia 2018.

“Saya tentu saja merasa sangat terhormat. Sebagai mantan penggawa Timnas, saya tentu saja mengerti tanggung jawab besar yang kini saya emban sebagai pelatih,” ujar Berhalter dikutip dari CBS Sports.

Gregg Berhalter - Amerika Serikat - Los Angeles Galaxy
Getty Images

“Saya yakin dengan sistem yang ada, kami akan meraih kejayaan di masa depan. Target saya saat ini adalah, membangun tim yang bisa membuat para suporter merasa senang dan bangga atas pencapaian kami di atas lapangan,” imbuh pria 44 tahun tersebut.

Berhalter sempat menjadi penggawa Timnas Amerika Serikat pada periode 1994 hingga 2006. Selama 12 tahun berkarier di sepak bola Internasional, ia berhasil mengoleksi 44 caps dan menjadi bagian dari tim yang berlaga di Piala Dunia 2002 dan 2006. Di level klub, ia berhasil membawa Los Angeles Galaxy menjadi juara Major League Soccer pada tahun 2011 silam.

Tugas pertama dari Berhalter saat ini adalah, memulihkan kembali mental dan semangat juang dari Christian Pulisic dkk. Pasalnya, The Stars and Stripes hanya berhasil meraih tiga kemenangan dari 11 partai di tahun 2018. Mantan pelatih Colombus Crew itu akan memimpin partai pertamanya pada awal Februari mendatang melawan Kosta Rika.

Comments
Loading...