Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Fernando Santos Sudah Tahu Portugal Akan Lolos

337

Football5star.com, Indonesia – Pelatih tim nasional Portugal, Fernando Santos, mengaku tidak kaget ketika negaranya dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Sejak awal pertandingan, ia sudah yakin bahwa Cristiano Ronaldo dkk akan mampu mengatasi perlawanan Swiss untuk pastikan tiket ke Rusia.

Sebelum laga dimulai, Portugal menempati peringkat kedua di bawah Swiss. Mereka harus menang dkk untuk bisa menggeser Xerdan Shaqiri dkk dari pimpinan klasemen. Benar saja, di akhir laga, skor 2-0 menjadi milik Portugal dan berhak melaju ke fase grup gelaran sepak bola terakbar sejagat.

“Aku selalu berpikir bahwa hal ini (lolos) sangat mungkin terjadi. Aku punya keyakinan terhadap para pemain dan untungnya hari ini mereka bisa menjaganya dengan baik,” ungkap Santos.

“Ini adalah simbiosis sempurna antara seorang pelatih dengan para pemainnya. Aku tegaskan, tidak mudah untuk menyatukan 25 orang pemain dengan ego masing-masing ke dalam satu lingkungan kondusif. Kuncinya adalah saling percaya satu sama lain, termasuk terhadap para staf dan federasi,” lanjutnya.

Portugal sukses menjaga keikutsertaannya di Piala Dunia selama lima edisi beruntun. Pada empat kesempatan sebelumnya, mereka selalu berhasil lolos meski belum satu pun gelar yang diraih. Sepanjang sejarah, prestasi terbaik mereka adalah ketika meraih posisi ketiga pada 1966. Sementara ketika berlangsung di Jerman pada 2006, saat itu Luis Figo dkk hanya menempati peringkat keempat.

Santos kemudian memuji penampilan anak asuhnya yang bermain tanpa kenal lelah sepanjang pertandingan. Meskipun ia mengakui masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki saat berlaga di Rusia tahun depan.

“Jika tim Anda punya kualitas organisasi permainan yang baik, maka kemenangan akan mudah dicapai. Kami bermain sangat baik selama 90 menit, walau belum sempurna pada beberapa sektor. Untungnya kami bisa menang dan menuju Rusia,” pungkas Santos.