Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

FIFA Akan Ubah Peraturan Pemain yang Berbeda Negara

197

Football5Star.com, Indonesia – Induk sepak bola dunia (FIFA) dikabarkan akan mengubah peraturan mengenai caps internasional. Wacana ini bermula dari beberapa kasus pemain yang sudah bermain untuk negara yang berbeda.

Oleh karena itu FIFA mempertimbangkan melakukan perubahan. Seperti yang diberitakan Reuters, organisasi yang bermarkas di Nyon, Swiss, mengizinkan pemain beralih tim nasional. Dengan catatan, mereka hanya berlaga di satu atau dua kali dan tidak mempunyai peluang dipanggil kembali oleh timnas sebelumnya.

Rencana ini pun didukung oleh Presiden CONCACAF, Victor Montagliani. Ia menyebutkan dengan perubahan dunia dan meningkatnnya imigrasi, harus diimbangi dengan peraturan yang tidak memberatkan pemain.

“Ada begitu banyak masalah yang muncul seperti imigran dan isu-isu lainnya. Sekarang saat yang tepat mencari solusi tanpa menyakiti integritas tiap pemain,” tegas Montagliani.

zimbio.com

Selama ini, seorang pemain bisa mengganti tim nasionalnya, sekali pun ia sudah membela negara tersebut di laga persahabatan. Seperti halnya Samir Ujkani yang merupakan penggawa Albania tapi diizinkan membela Kosovo dalam laga uji coba.

Mantan kiper Palermo ini diizinkan FIFA membela tanah kelahirannya, Kosovo, karena negara tersebut baru saja diakui sebagai anggota FIFA. Kendati sudah menjaga gawang Albania dalam 20 laga, ia diperbolehkan pindah tim nasional dan sudah mencatatkan enam pertandingan.

Dan yang terbaru adalah gonjang-ganjing nasib Jorginho yang dikabarkan segera dipanggil oleh timnas Brasil. Pemain Napoli ini sebelumnya sudah dua kali membela Italia dalam laga persahabatan. Namun, ia belum dilirik lagi oleh pelatih Gli Azzurri, Gian Piero Ventura.