Gabigol Masuk Sejarah Sepak Bola Brasil Terkait VAR

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Sejarah baru tertoreh di sepak bola Brasil. Video assistant referee (VAR) untuk kali pertama digunakan dalam laga Santos melawan Cruzeiro di Copa do Brasil. Nama striker Inter Milan yang dipinjamkan ke Santos, Gabriel Barbosa alias Gabigol pun tercatat di dalamnya.

Wasit Wilton Pereira Sampaio yang memimpin laga Santos melawan Cruzeiro dipaksa meminta bantuan VAR saat terjadi kemelut di depan gawang tim tamu. Saat itu, Gabigol terjatuh dan mengklaim ada pelanggaran dari Lucas Romero. Itu terjadi 11 menit setelah babak kedua dimulai.

Fasilitas VAR yang digunakan di Copa do Brasil.
globoesporte.globo.com

Wasit Sampaio yang tak melihat jelas insiden antara Gabigol dan Romero di depan gawang Cruzeiro lantas meminta operator VAR untuk melihat rekaman video. Hasilnya, dia menilai tak ada pelanggaran. Itu membuat klaim penalti Gabigol pun diabaikan.

Tak perlu banyak waktu bagi Sampaio untuk menganalisis insiden di depan gawang taim tamu. Dia hanya mengontak operator VAR untuk menyampaikan hasil pengamatannya. Dia tak pergi ke pinggir lapangan untuk melihat rekaman video. Hanya 27 detik waktu yang dibutuhkannya untuk membuat putusan pertama berdasarkan VAR di sepak bola Brasil itu.

Pertandingan di leg I babak perempat final Copa do Brasil itu akhirnya dimenangi Cruzeiro dengan skor 1-0. Satu-satunya gol dicetak pemain sayap Raniel saat pertandingan bersisa sembilan menit. Pada leg II, 16 Agustus 2018, giliran Santos yang bertandang ke markas Cruzeiro untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal.


Tahukah Anda?

Bersama Gremio, Cruzeiro adalah tim tersukses di ajang Copa do Brasil. Kedua klub itu sama-sama 5 kali menjadi juara. Dua klub itu juga yang menjadi juara dalam dua tahun terakhir.

Comments
Loading...