Giampiero Ventura: Zoff Kiper Terbaik Italia, Baggio Selalu Menghibur

Giampiero Ventura,
Pelatih Timnas Italia Giampiero Ventura (Zimbio)

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Timnas Italia, Giampiero Ventura, tak menganggap Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik dalam sejarah sepak bola Italia. Pasalnya, dia tak memasukkan nama Buffon dalam susunan pemain terbaik Italia versinya.

Dalam sebuah kesempatan, pelatih 68 tahun itu diminta untuk menyusun tim nasional terhebat versinya usai mengunjungi 20 klub Serie A. Namun, dia tidak memasukkan pemain yang masih aktif bermain hingga saat ini.

“Sebagai penjaga gawang: Dino Zoff,” ujar Ventura yang lebih memilih kiper pahlawan Italia pada Piala Dunia 1982 itu ketimbang Buffon.

“Dia adalah sejarah dari sepak bola, tanpa memerhatikan semua yang masih bermain, dia merupakan pemain terkuat dalam 50 tahun terakhir. Ini tidak menyangkut dengan seleksi tim, namun dari hati yang terdalam. Bagi saya, Zoff adalah kiper terbaik Italia sepanjang masa,” urai Ventura.

Mantan bek Inter, Tarcisio Burgnich dan Giancinto Facchetti menghuni sektor bek sayap, dengan Ventura menggambarkan bintang 1960-an itu sebagai bagian dari masa mudanya.

Ventura memilih pemain yang lebih muda untuk bek tengah, Franco Baresi dan Alessandro Nesta, dan tidak melirik Giuseppe Bergomi atau Paolo Maldini. Namun, dia tidak memasukkan sejumlah gelandang hebat Italia dan malah memilih Franco Causio, Gianni Rivera dan Romeo Benetti.

Di lini serang, Ventura menunjuk Roberto Biaggio, yang bermain dan mencetak gol dalam tiga Piala Dunia selama 1990-an. “Dia (Baggio) menghibur saya berulang kali,” tandas Ventura.