Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Inilah 10 Klub Tanpa Kekalahan Musim Ini

690

Football5Star.com, Indonesia – Setelah ingar-bingar Kualifikasi Piala Dunia 2018 berakhir pada Rabu (11/10/2017), perhatian publik sepak bola dunia kini akan kembali terarah ke liga-liga besar Eropa. Sorotan utama tentulah klub-klub yang masih tanpa kekalahan. Terutama Napoli dan Barcelona yang masih memegang rekor sempurna dalam 7 pekan awal di liga masing-masing.

Selain Napoli dan Barcelona, di lima liga elite Eropa (Premier League, La Liga, Serie A, Bundesliga 1, dan Ligue 1) ada delapan klub lain yang juga belum terkalahkan. Menariknya, di antara 10 klub yang belum terkalahkan itu, dua akan bertemu pada akhir pekan ini, yakni Barcelona dan Atletico Madrid.

Akankah El Barca menjadi tim pertama yang mengalahkan Atletico? Ataukah justru Los Rojiblancos yang menodai kesempurnaan Lionel Messi dkk.?

Sebelum menemukan jawabannya, mari kita simak 10 klub yang belum terkalahkan di lima liga Elite Eropa musim ini.

Barcelona (7-0-0)

Hingga melewati tujuh jornada, tim asuhan Ernesto Valverde tak kehilangan satu pun poin. Mereka meraup 21 poin dari 7 pertandingan. Lionel Messi cs. menghiasinya dengan 5 clean sheet dan hanya kebobolan 2 gol.

Dalam satu dekade terakhir, ini adalah kali ke-6 El Barca tak terkalahkan dalam tujuh jornada awal. Namun, hal yang patut dicatat, dua musim lalu, mereka gagal membukukan hal tersebut.

Terlepas dari jadwal kompetisi yang tak mempertemukan dengan klub-klub kuat, prestasi El Barca musim ini tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kali terakhir mereka menuai hasil sempurna dalam tujuh jornada awal adalah pada 2013-14.

Napoli (7-0-0)

Musim ini akan dikenang sepanjang masa oleh para pendukung I Partenopei. Tak kehilangan angka dalam tujuh giornata awal di Serie A adalah rekor start terbaik mereka. Itu melewati rekor selalu menang dalam lima giornata awal musim 1987-88.

Di Serie A, I Partenopei menjadi klub ke-5 yang membukukan hasil tersebut. Klub-klub yang terebih dahulu melakukannya adalah Juventus, AC Milan, Inter Milan, dan AS Roma.

Bagi Napoli, tak terkalahkan dalam tujuh giornata awal juga terbilang hal langka. Dalam satu dekade ke belakang, hanya sekali hal itu terjadi. Itu adalah pada 2012-13 ketika mereka membukukan 6 kemenangan dan 1 kali imbang.

Manchester City (6-1-0)

Meskipun tak sempurna, hasil tanpa kekalahan dalam tujuh pekan awal Premier League terbilang mengesankan. Apalagi The Citizens sanggup mengalahkan dua tim tangguh, Liverpool dan Chelsea, dalam rangkaian tujuh laga tanpa kekalahan tersebut.

Catatan musim ini menyamai perolehan musim 2011-12. Kala itu, mereka juga membukukan enam kemenangan dan sekali imbang dalam tujuh laga awal musim di Premier League.

Dalam satu dekade terakhir, musim lain yang dihiasi catatan tak terkalahkan dalam tujuh pekan awal adalah pada 2012-13. Bedanya, The Citizens kala itu hanya membukukan 4 kemenangan dan 3 kali imbang.

Manchester United (6-1-0)

Catatan tak terkalahkan dalam tujuh laga awal pada musim ini menumbuhkan harapan tersendiri bagi para fans Red Devils. Maklum, sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, mereka menukik.

Kali terakhir Man. United membukukan rekor enam kemenangan plus satu kali imbang dalam tujuh laga awal menyamai musim 2011-12. Itu sama dengan catatan sang tetangga, Man. City.

Meskipun digdaya di Premier League, urusan tak terkalahkan dalam tujuh pekan awal bukanlah hal biasa bagi Man. United. Selain musim ini dan 2011-12, dalam satu dekade terakhir, hanya sekali mereka merengkuh hasil tersebut. Itu pada 2010-11 yang dihiasi 3 kemenangan dan 4 kali imbang.

Borussia Dortmund (6-1-0)

Hasil yang dibukukan Dortmund musim ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, mereka ditangani pelatih anyar, Peter Bosz. namun, ternyata Sokratis Papastathopoulos cs. cepat menangkap filosofi dan strategi yang diinginkan sang pelatih.

Toh, sebenarnya tak terkalahkan dalam tujuh spieltag awal Bundesliga 1 bukan hal aneh bagi Die Schwarzgelben dalam beberapa musim terakhir. Sejak bangkit kembali pada 2010, ini adalah kali ketiga mereka tak terkalahkan dalam tujuh pekan awal.

Dua musim yang dihiasi hal serupa adalah musim 2013-14 dan 2015-16. Seperti musim ini, pada 2013-14, Dortmund juga meraup 6 kemenangan dan 1 kali imbang. Adapun pada 2015-16, hasil yang diraih adalah 5 kali menang dan 2 kali imbang.

Paris Saint-Germain (6-1-0)

Torehan 6 kemenangan dan 1 hasil imbang dalam 7 pekan awal Ligue 1 musim ini tak ubahnya mengembalikan tradisi. Maklum, sejak 2012-13, mereka hanya gagal melakukan hal tersebut pada musim lalu.

Secara khusus, tentu saja ini menjadi pembuktian tersendiri bagi pelatih Unai Emery. Bukan apa-apa, musim lalu adalah awal kiprahnya di Parc des Princes.

Meskipun terbilang sering, prestasi musim ini adalah yang terbaik dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya, hasil terbaik Les Parisiens dalam tujuh pekan awal adalah 5 kali menang dan 2 kali imbang pada 2015-16.

Juventus (6-1-0)

Hasil 6 kali menang dan 1 kali seri dalam tujuh giornata awal sebenarnya tradisi Juventus sejak 2012-13. Dalam tiga musim beruntun, mereka selalu mengawali Serie A dengan hasil tersebut.

Akan tetapi, prestasi itu putus pada 2015-16 dan berlanjut pada musim berikutnya. Tak heran, start bagus pada musim ini tak ubahnya penegasan bahwa dominasi Juventus belumlah berakhir.

Bagi I Bianconeri, musim ini merupakan kali ke-5 mereka melewati tujuh giornata awal tanpa kekalahan. Satu kesempatan lain adalah pada 2011-12. Bedanya, mereka ketika itu hanya meraup 3 kemenangan dan 4 kali seri.

Inter Milan (6-1-0)

Tanpa belanja besar-besaran di bursa transfer pada awal musim, tak dinyana Inter bisa merangkai enam kemenangan dan satu kali imbang dalam tujuh giornata awal Serie A musim ini. Itu adalah start terbaik dalam satu dekade terakhir.

Sudah terbilang lama I Nerazzurri mengawali musim tanpa kekalahan dalam tujuh giornata awal. Kali terakhir mereka membukukannya pada 2007-08. Itu pun hanya berhias lima kemenangan dan dua kali imbang.

Start apik pada musim ini pun merupakan asa tersendiri. Pasalnya, pada kali terakhir tak terkalahkan dalam tujuh pekan awal, Inter merebut Scudetto.

Atletico Madrid (4-3-0)

Raihan empat kemenangan dan tiga kali imbang sama persis dengan start Atletico musim lalu. Bedanya hanya pada selisih gol. Musim lalu, mereka membukukan 14 gol dan hanya kebobolan dua kali. Kini, baru 12 gol yang berhasil dijaringkan, sementara gawang mereka telah empat kali dijebol lawan.

Toh, sebenarnya raihan tersebut bukanlah yang terbaik. Los Rojiblancos pernah membukukan hasil jauh lebih baik. Pada 2013-14, anak-anak asuh Diego Simeone sanggup mengemas hasil sempurna, tak kehilangan poin, dalam tujuh jornada awal. Bekal kesempurnaan itu pula yang menjadi fondasi keberhasilan mereka merebut gelar juara La Liga.

Valencia (4-3-0)

Selain Inter Milan di Serie A, keberhasilan Valencia tak terkalahkan dalam tujuh jornada awal La Liga musim ini adalah kejutan. Maklum, prestasi Los Ches tak begitu baik dalam beberapa musim terakhir. Mereka pun ditangani entrenador anyar, Marcelino.

Sudah terbilang lama Valencia tak membukukan start impresif seperti saat ini. Kali terakhir Los Ches mengawali musim tanpa kekalahan dalam tujuh pekan awal adalah pada 2008-09. Saat itu, mereka meraup enam kemenangan dan sekali seri bersaam entrenador Unai Emery yang kini membukukan rekor serupa bersama PSG.