Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Italia Dan Belanda Akan Diundang Ikut Turnamen Pra-Piala Dunia

278

Football5star.com, Indonesia – Italia melengkapi deretan sejumlah negara besar dalam ajang sepak bola dunia yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Azzurri tersingkir setelah kalah agregat 0-1 dari Swedia pada play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Dengan demikian, Gianluigi Buffon dkk mengikuti jejak Belanda, Ghana dan Cile yang sudah lebih dulu tersingkir. Alhasil, mereka hanya akan menjadi penonton ketika turnamen empat tahunan itu bergulir di Rusia pada musim panas tahun depan.

Melihat ada potensi digelarnya pertandingan di antara negara-negara yang gagal tersebut, muncul ide untuk mengadakan pertandingan persahabatan sebelum berlangsungnya Piala Dunia. Turnamen Pra-Piala Dunia itu akan diselenggarakan di Amerika Serikat.

ESPN mengklaim sumber dari Federasi Sepak Bola Amerika Serikat dan divisi pemasaran sepak bola negara adi daya tersebut, melontarkan ide itu. Mereka akan mengundang Italia, Belanda, Ghana dan Cile, untuk terlibat dalam turnamen yang akan digelar sebelum Piala Dunia berlangsung dan sesudah liga-liga domestik Eropa selesai digulirkan.

Italia, yang sudah empat kali menjadi juara Piala Dunia, untuk pertama kalinya gagal berpartisipasi dalam event ini sejak 1958. Langkah mereka dijegal Swedia, yang menang 1-0 pada leg pertama play-off, sebelum bermain imbang tanpa gol pada leg kedua di San Siro, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB.

Sedangkan bagi timnas Amerika Serikat, kegagalan ini menjadi kisah tragis pertama sejak Piala Dunia edisi 1986. Belanda dan Ghana juga memiliki tradisi bagus pada Piala Dunia karena selalu ikut sejak 2002. Sementara itu Cile, meski berstatus juara Amerika Selatan setelah memenangi Copa America, gagal lolos ke Rusia.

Negara-negara lain yang juga gagal lolos dan berpeluang besar diundang antara lain adalah Pantai Gading, Irlandia, Irlandia Utara dan Slovakia.