Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Jadi Kambing Hitam Kegagalan Italia, Sacchi Bela Ventura

159

Football5star.com, Indonesia – Arrigo Sacchi, eks allenatore AC Milan, membela pelatih Timnas Italia, Giampiero Ventura, atas kegagalan Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Menurutnya, tak pantas jika mantan pelatih Torino tersebut yang jadi kambing hitam.

Sacchi menilai, kondisi tersebut lahir dari berbagai faktor yang terjadi pada sepak bola Italia beberapa waktu terakhir. Ia juga mengatakan bahwa sebuah tim yang baik lahir dari banyak hal, salah satunya adalah kompetisi.

Arrigo Sacchi (zimbio.com)
zimbio.com

Jika melihat prestasi tim asal Italia yang berkancah di kompetisi Eropa belakangan ini, hanya Juventus yang sanggup mengharumkan nama negeri berpenghuni sekitar 60 juta jiwa tersebut.

Dalam tiga tahun terakhir, La Vecchia Signora berhasil lolos ke final Liga Champions kendati gagal menjadi juara. Hal itu tak dibarengi oleh beberapa tim lainnya.

“Tim yang tepat lahir dari banyak hal, bukan satu pemain yang membuat perbedaan. Masalah kami adalah budaya, sepak bola adalah olahraga tim, bukan pertandingan pribadi,” ujar Sacchi dikutip dari Football Italia, Selasa (14/11/2017).

Selain pria berusia 71 tahun tersebut, presiden Komite Olympiade Nasional Italia (KONI), Giovanni Malago juga menolak untuk menyalahkan Ventura atas kegagalan tersebut.

Ia juga mengakui belum mau berbicara mengenai kelanjutan nasib dari Ventura sebagai pelatih. Baginya, hal tersebut perlu ditinjau lebih jauh mengingat sang pelatih masih memiliki kontrak bersama Gli Azzurri.