Jerman Terpuruk Gara-Gara Pep Guardiola

Football5star.com, Indonesia – Tahun untuk dilupakan. Begitulah 2018 bagi publik sepak bola Jerman. Sepanjang tahun itu, timnas Jerman tampil sangat buruk hingga tersisih pada penyisihan grup Piala Dunia dan terdegradasi ke UEFA Nations League B. Eks bek timnas Jerman, Hans-Peter Briegel, menyebut Pep Guardiola sebagai biang keladi keterpurukan tersebut.

Di mata Briegel, kedatangan Pep Guardiola sebagai pelatih Bayern Munich pada 2013 telah mengubah orientasi sepak bola Jerman. Mereka lantas melupakan hal-hal sederhana tapi penting dalam permainan dan lebih terobsesi pada penguasaan bola. Inilah yang lantas membuat Die Mannschaft kehilangan daya bunuh.

Hans-Peter Briegel menilai keterpurukan timnas Jerman adalah gara-gara Pep Guardiola.
theaustralian.com.au

“Kami tak lagi mengikuti prinsip sederhana bahwa di sepak bola, hasil lebih penting dari penguasaan permainan. Sejak Guardiola datang ke Bayern, sesuatu telah berubah,” kritik Briegel seperti dikutip Football5Star.com dari La Repubblica.

Penggawa Hellas Verona saat juara Serie A pada 1984-85 itu menambahkan, “Kami beranggapan bahwa penguasaan bola sebeasar 75 persen dibutuhkan untuk menang. Namun, kenyataannya, menguasai bola saja tidak cukup untuk meraih hasil bagus.”

Briegel lantas menyuruh Jerman melihat dan belajar dari timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018. Menurut dia, itu perlu agar semua orang sadar bahwa prinsip sepak bola Pep Guardiola tidak sepenuhnya benar.

“Sejarah terbaru, juga Prancis yang juara dunia, telah menunjukkan kepada kita bahwa Anda tetap bisa menang walaupun bola diberikan kepada lawan dan bahkan dengan hanya 50 persen penguasaan bola,” beber Briegel lagi.

Pep Guardiola menangani Bayern dari 2013 hingga 2016. Dalam tiga musim itu, Die Roten merebut tiga gelar juara Bundesliga 1, dua kali juara DFB Pokal, sekali juara Piala Super Eropa, dan sekali juara Piala Dunia Antarklub.

 

Comments
Loading...