Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kasus Bendera Terbalik Libatkan Dua Kementerian Malaysia

263

Football5star.com, Indonesia – Kasus terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan SEA Games 2017 melibatkan dua kementerian di Malaysia. Setelah Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia melayangkan permintaan maaf, kali ini giliran Menteri Luar Negeri Malaysia yang melakukan hal serupa.

Kemenlu mereka, diwakili oleh Menteri Dato’ Ari Anifah Haji Aman, menyampaikan penyesalannya terkait insiden yang kembali memantik perseteruan dua negara tetangga. Dalam rilis tersebut, Malaysia berharap kejadian ini tidak mempengaruhi hubungan kedua negara.

“Atas nama Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri merasa menyesal terkait ketidaksengajaan yang dilakukan oleh Malaysia Organizing Comittee (MASOC) yang salah memasang  bendera Indonesia di buku panduan Pembukaan SEA Games ke-29 pada 19 Agustus 2017,” buka rilisan di situs resmi klub.

“Kami meminta maaf kepada pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Kami menjamin sudah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyikapi insiden yang tidak disengaja ini,” rilis resmi di situs kementerian.

“Brigjen Khairy Jamaludin (Menpora Malaysia) telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Bapak Imam Nahrawi. Pertemuan tersebut untuk menjelaskan kesalahan yang terjadi sekaligus menyampaikan permintaan maaf” lanjut rilisan tersebut.

Kesalahan cetak bendera Indonesia pertama kali mencuat setelah Menteri Pemuda dan Oahraga Indonesia, Imam Nahrawi, berkicau di Twitter miliknya. Sontak, postingan tersebut mendapat reaksi dari penduduk dunia maya. Menpora Malaysia langsung merespons dengan membalas tweet Imam sekaligus meminta maaf. Tidak berselang lama, barulah surat permintaan maaf secara resmi dilayangkan pihak Malaysia.