Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kepolisian Malaysia Akan Usut Kasus Bendera Terbalik

351

Football5star.com, Indonesia – Kepolisian Malaysia akan menyelidiki pihak yang bertanggung jawab terkait kesalahan pemasangan bendera Indonesia di SEA Games 2017. Timbalan Ketua Polis Negara Malaysia, Mohamad Fuzi Harun, menegaskan akan bertindak cepat agar tidak menimbulkan kegaduhan bagi kedua warga negara. Fuzi berjanji akan mengusahakan insiden ini tidak terulang di masa yang akan datang.

“Mungkin ada kesalahan teknis. Namun, kami tetap akan melakukan investigasi dan mengambil tindakan supaya tidak masalah seperti ini tidak terjadi lagi. Kami tidak mau menyakiti hati tetangga kami, jadi kami akan menjamin ini yang terakhir,” ungkap Fuzi dikutip The Malay Mail Online pada Senin (21/8/2017).

“Hubungan antara Indonesia dan Malaysia sangat penting untuk dijaga. Apalagi, Indonesia sekarang berpartisipasi di SEA Games tahun ini,” lanjut Fuzi.

Sebelumnya, pihak penyelenggara salah mencetak posisi bendera Indonesia pada buku panduan SEA Games pada upacara pembukaan. Bendera merah putih tercetak terbalik sehingga membentuk bendera putih merah milik Polandia.

Pihak pemerintah Malaysia sebelumnya sudah melayangkan permintaan maaf melalui Menpora mereka, Khairy Jamaluddin. Politisi dari partai UMNO tersebut menemui langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, untuk menyampaikan permintaan maaf kepada pemerintah dan raykat Indonesia.

Dalam gelaran olahraga multicabang dua tahunan tersebut, Malaysia juga salah memasang bendera Brunei Darussalam pada cabang renang indah. Bukannya memasang bendera nasional negeri Sultan Hassanah Bolkiah tersebut, pihak penyelenggara malah memasang bendera angkatan bersenjata sang sultan.