Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kisah Di Balik Nama “-Son” Para Pemain Islandia

137

Football5Star.com, Indonesia – Keberhasilan Islandia lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia mengundang perhatian pecinta sepak bola. Selain menjadi negara terkecil yang pernah lolos ke ajang tersebut, Negara Skandinavia ini juga menyimpan satu kisah unik lainnya.  Ya, para pemain mereka didominasi dengan nama berakhiran “-son”.

Berbeda dengan negara-negara Skandinavia yang menggunakan nama yang sama dengan nama belakang orang tuanya. Di Islandia, kata yang wajib digunakan sebagai nama adalah imbuhan “-son” untuk anak laki-laki dan “-dottir” untuk anak perempuan.

Seperti halnya pemain Everton, Gylfi Sigurdsson. Nama belakangnya diambil dari sang ayah, Sigurdur Adalsteinsson. Atau mantan Perdana Menteri, Johanna Sigurdardottier, karena sang ayah bernama Sigurdur.

Apa yang digunakan orang-orang Islandia memang di luar kebiasaan banyak negara. Kendati demikian, ada juga diantara mereka yang memakai nama ayahnya sebagai nama belakang.

dailymail.co.uk

Seperti halnya Eidur Gudjohnsen yang tidak berakhiran –‘Son’ karena ayahnya bernama Arnor Gudjohnsen. Nama tersebut juga diturunkan ke sang anak, Sveinn Aron Gudjohnsen. Biasanya hal tersebut diperbolehkan karena orang tua yang bersangkutan hidup di luar negeri.

Pemerintah Islandia memang sangat concern perihal penamaan warganya. Bahkan mereka membentuk badan khusus yang mengurusi soal nama, yaitu Komite Nama Pribadi, yang dalam bahasa  setempat disebut Mannanafnanefnd.

Boleh tidaknya menamai seorang anak, komite ini memiliki ketentuannya sendiri. Salah satunya adalah harus menggunakan huruf dalam alfabet Islandia dan dilarang menggunakan kata yang tidak sesuai dengan struktur bahasa negara tersebut. Sebagai Contoh, nama “Pedro” dan “Carolina” akan ditolak di sana karena mereka tidak mengenal huruf “O” dan “C”