Kisah Paul, Si Gurita Yang Sukses Jadi Peramal

Kuis Piala Dunia 2018
Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 memunculkan satu sosok peramal dalam diri kucing tuli berbulu putih, Achilles. Hewan ini bakal memprediksi sejumlah pertandingan, termasuk memilih Rusia menang atas Arab Saudi dalam laga perdana, Kamis (14/6/2018).

Fenomena hewan peramal ini sudah muncul sejak Piala Dunia edisi sebelumnya. Masih ingat nama Paul, si gurita yang berasal dari Jerman? Binatang tersebut sangat terkenal karena prediksinya yang nyaris tak pernah meleset selama Piala Dunia 2010, terutama saat timnas Jerman tampil.

Paul the Octopus menetas pada Januari 2008 dan tinggal di Sea Life Centres, Oberhausen, Jerman. Nama gurita ini kian terkenal karena tebakannya pada semifinal dan final Piala Dunia 2010 jitu.

Saat semifinal, dia memilih Spanyol menang atas Jerman dan hasilnya jitu. Gol Carles Puyol pada menit ke-73 membuat La Furia Roja menang 1-0 sehingga berhak lolos ke partai puncak untuk menghadapi Belanda, yang menyingkirkan Uruguay dengan skor 3-2.

Menjelang final, yang mempertemukan dua negara yang sama-sama mengincar gelar pertama, Paul kembali membuat ramalan yang jitu. Dia memilih Spanyol sebagai pemenang dan fakta itu tersaji di atas lapangan ketika Andres Iniesta mencetak gol tunggal pada menit ke-116.

Achilles

Meskipun demikian, ramalan Paul tidak selalu benar karena dia sempat beberapa kali salah menebak. Itu terjadi pada final Piala Eropa 2008 saat Paul memilih Jerman sebagai pemenang. Nyatanya, Spanyol keluar sebagai juara dengan skor 1-0 lewat gol Fernando Torres pada menit ke-33.

Kesalahan juga terjadi dalam tebakannya pada laga penyisihan grup Piala Eropa 2008 yang mempertemukan Jerman dan Kroasia. Paul menjagokan Jerman tetapi hasil akhir berpihak kepada Kroasia yang menang 2-1.

Kisah Paul berakhir pada 26 Oktober 2010 ketika dia dinyatakan mati di Sea Life Centres, Oberhausen, Jerman. Faktor usia menjadi penyebab karena pada umumnya, seekor gurita tidak bisa hidup lebih dari tiga tahun.

Comments
Loading...