Kualifikasi EURO 2020: Romantisme Jerman dan Belanda

Football5star.com, Indonesia – Undian Kualifikasi EURO 2020 telah usai digelar. Bertempat di Dublin, 55 tim berkumpul untuk menentukan grup mana yang akan mereka huni hingga menuju 2020. Hasil undian ini kembali mempertemukan Jerman dan Belanda.

EURO 2020 menjadi gelaran ke-60 yang nantinya akan bermain di dua belas kota. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, tak ada satu negara yang menjadi tuan rumah, bisa lolos otomatis tanpa mengikuti kualifikasi. Artinya, Belanda yang Amsterdam terpilih sebagai salah satu tuan rumah, tetap harus bersusah payah untuk lolos ke EURO 2020. Kualifikasi EURO 2020 ini pula menjadi yang pertama bagi Kosovo yang resmi masuk sebagai anggota UEFA pada Mei 2016.

Pembagian grup kualifikasi ini dibagi ke dalam sepuluh grup. Ada lima grup (A-E) yang berisikan lima negara dan lima grup lainnya (F-J) berjumlah enam negara. Empat semifinalis UEFA Nations League masuk ke dalam grup yang berjumlah lima negara, karena nantinya mereka akan bertanding di UEFA Nations League pada Juni 2019.

Dua wakil teratas akan lolos otomatis ke EURO 2020, sedangkan peringkat ketiga akan melakoni babak play-off untuk mengais sisa empat slot tim. Total, akan ada 24 peserta yang akan menjadi yang terbaik di Eropa.

Grup C akan menjadi nostalgia bagi Jerman dan Belanda. Keduanya sebelumnya bertemu di UEFA Nations League A Grup 1. Saat itu, di dua pertemuan, Belanda menang dan imbang kala melawan Jerman. Secara tak langsung, Belanda lah yang “menendang” Jerman keluar dari peredaran.

Pembagian Grup Kualifikasi EURO 2020

Grup A: England, Czech Republic, Bulgaria, Montenegro, Kosovo

Grup B: Portugal, Ukraine, Serbia, Lithuania, Luxembourg

Grup C: Netherlands, Germany,Northern Ireland, Estonia, Belarus

Grup D: Switzerland, Denmark, Republic of Ireland, Georgia, Gibraltar

Grup E: Croatia, Wales, Slovakia, Hungary, Azerbaijan

Grup F: Spain, Sweden, Norway, Romania, Faroe Islands, Malta

Grup G: Poland, Austria, Israel, Slovenia, Macedonia, Latvia

Grup H: France, Iceland, Turkey, Albania, Moldova, Andorra

Grup I: Belgium, Russia, Scotland, Cyprus, Kazakhstan, San Marino

Grup J: Italy, Bosnia-Herzegovina, Finland, Greece, Armenia, Liechtenstein

Comments
Loading...