Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Lolos Ke Piala Dunia, Presiden Panama Umumkan Libur Nasional

406

Football5star.com, Indonesia – Panama mengakhiri penantian panjang untuk tampil dalam ajang Piala Dunia. Kemenangan 2-1 atas Kosta Rika dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf (Amerika Utara, tengah dan Karibia), Selasa (10/10/2017) atau Rabu pagi WIB, membuat mereka memperoleh tiket tersebut.

Raihan tiga poin ini menempatkan Panama di posisi ketiga klasemen akhir zona Concacaf dengan raihan 13 poin. Mereka unggul selisih gol atas Honduras yang ada di urutan keempat dan harus melakoni play-off melawan Australia untuk memperebutkan satu tiket ke Rusia.

Kepastian Panama lolos ini juga tak lepas dari kegagalan Amerika Serikat meraih poin saat melawan Trinidad dan Tobago. Negeri Paman Sam tersebut menyerah 1-2 sehingga mereka terlempar ke urutan kelima karena kalah satu poin dari Panama dan Honduras.

Alhasil, usaha keras Panama untuk tampil di panggung termegah turnamen sepak bola antarnegara di dunia ini bisa terwujud. Penantian sejak 1978 ketika pertama kali mereka berusaha meraih tiket Piala Dunia, menjadi kenyataan.

Wajar bila euforia melanda Panama. Bahkan, presiden Juan Carlos Varela menjadikan hari Rabu ini sebagai libur nasional supaya seluruh negeri bisa merayakan keberhasilan negara mereka lolos ke Piala Dunia.

“Suara rakyat sudah terdengar… Besok akan menjadi libur nasional,” demikian pernyataan Juan Carlos Varela melalui Twitter setelah Panama menang atas Kosta Rika.

“Dalam libur nasional, sekolah-sekolah juga akan libur untuk perayaan bersama keluarga.”