Pria Kelahiran Malaysia akan Gantikan Posisi Henry di Belgia

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Keputusan Thierry Henry menerima tawaran menjadi pelatih AS Monaco membawa berkah bagi rekannya di tim kepelatihan timnas Belgia. Adalah Shaun Maloney, staf pelatih asal Skotlandia, yang berpeluang besar mengisi posisi asisten pelatih yang ditinggalkan Henry.

Maloney sendiri baru bergabung secara penuh bersama skuat Roberto Martinez per 28 September 2018 lalu. Sebelumnya, ia dipekerjakan oleh Brendan Rodgers sebagai pelatih tim muda Celtic FC. Setelahnya, eks anak asuh Martinez di Wigan City ini direkrut mantan pelatihnya itu di skuat Belgia. Namun awalnya, ia dipekerjakan paruh waktu dengan membagi fokus antara timnas dan Celtic.

Maloney
Foto: stv.tv

Keputusannya memilih fokus di timnas Belgia pun sempat dipuji oleh Rodgers.

“Saya sangat bahagia karena Maloney memutuskan fokus di sepak bola internasional. Saya juga sangat memahami tuntutan untuk bekerja penuh di pekerjaannya bersama Belgia. Kami di Celtic dan sangat menghormati keputusannya untuk pindah ke timnas Belgia,” ujar Rodgers seperti dikutip Scottish Sun pada akhir September lalu.

Martinez sendiri tak basa-basi ketika memuji potensi eks anak asuhnya itu untuk menjadi pelatih di kemudian hari.

“Maloney sangat mencintai sepak bola dan hidup seluruhnya untuk itu. Dia sesorang yang saya sangat nyaman bekerja bersamanya sebagai pelatih dan pemain. Dia orang yang memiliki potensi besar menjadi pelatih hebat,” puji Martinez kala itu dikutip dari BBC.

Uniknya tentang Shaun Maloney adalah ia merupakan pria kelahiran Malaysia. Walau lahir dan sempat tinggal di Negeri Jiran, ia dan orang tuanya kemudian memutuskan pulang kembali ke Skotlandia dan menjalani hidup di sana sampai sang anak menjadi pesepak bola profesional.

Comments
Loading...