Mantan Pelatih Meksiko Ini Resmi Tangani Mesir

56

Banner Footbal Live Star-Football5star

 

Football5star.com, Indonesia – Lama tak terdengar kabarnya, mantan pelatih Timnas Meksiko, Javier Aguirre, resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Mesir. Ia menggantikan Hector Cuper yang memilih mundur usai gagal membawa Mohamed Salah dkk bersinar di Piala Dunia 2018.

Aguirre dikontrak federasi sepak bola Mesir hingga empat tahun ke depan. Targetnya pun jelas, yaitu membawa The Pharaoh kembali mentas di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar.

Pengalaman segudang yang dimiliki pria asal Meksiko itu diharapkan bisa membawa Mesir meraih prestasi yang lebih baik. Sebelum menghadapi kualifikasi Piala Dunia, target paling dekat mereka adalah ajang Piala Afrika.

Hector Cuper, pelatih timnas Mesir, targetkan kemenangan atas timnas Rusia, sang tuan rumah. (football5star.com / reuters.com)
reuters.com

Pada ajang Piala Afrika edisi sebelumnya Mesir hanya menjadi runner up setelah kalah dari Kamerun. Tak ayal federasi menargetkan juara pada Piala Afrika tahun depan.

Akan tetapi, catatan manajerial Aguirre terakhir tidak terlalu membanggakan. Ia gagal membawa Jepang berbicara banyak di ajang Piala Asia 2015 lalu hingga membuat dirinya dipecat.

Bagi Aguirre, Mesir adalah negara ketiga yang ia latih. Sebelumnya ia sudah pernah menangani Meksiko dan Jepang. Prestasi terbaik pelatih 59 tahun itu adalah mempersembahkan gelar Gold Cup untuk tanah airnya pada 2009 lalu.

Sedangkan di tingkat klub, mantan pelatih Atletico Madrid ini pernah mengangkat gelar Liga Meksiko pada 1999-2000 ketika masih menangani Pachuca. Praktis hanya dua gelar itu saja yang bisa dibanggakan pelatih yang sudah memulai kariernya sejak 1996 silam tersebut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.