Marta Bikin Rekornya Sulit Dikejar

Football5star.com, Indonesia – Pemain sepak bola wanita asal Brasil, Marta Vieira da Silva, baru saja meraih gelar Pemain Terbaik Wanita 2018 versi FIFA. Torehan tersebut menambah koleksi raihan predikat penghargaan tersebut menjadi enam kali.

Sebelumnya, pemain kelahiran Alagoas tersebut sudah pernah meraih lima gelar secara beruntun. Marta meraihnya pada 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010. Ia juga tercatat sebagai pesepak bola wanita termuda yang memenangkannya pertama kali yakni saat berusia 20 tahun.

Mantan pemain Vasco da Gama tersebut mengalahkan dua kompetitornya, Dzsenifer Marozsán dan Ada Hegerberg yang kebetulan sama-sama membela Lyon. Ia berhasil mengamankan hampir 15 persen suara dari 10 pemain yang dinominasikan.

Pemain yang sering disebut sebagai versi wanita dari Pele tersebut juga berhasil memimpin rekan-rekannya di timnas Brasil ketika meraih gelar juara pada ajang Sudamericano Femenino 2018. Turnamen tersebut adalah versi wanita dari Copa America. Selecao berhasil mengalahkan tuan rumah Cile pada partai final.

Tambahan gelar pemain terbaik dunia yang diraih tahun ini menjadikannya sebagai pemain wanita tersukses sepanjang masa. Sosok yang paling mendekati torehan gelarnya adalah pemain asal Jerman, Brigit Printz, dengan meraih tiga gelar.

Printz bahkan tercatat sebagai pemain yang paling sering menjadi runner-up  dalam ajang FIFA Women’s World Player of the Year dengan lima kali. Empat di antaranya adalah ketika Marta berhasil meraih posisi teratas sejak 2007 hingga 2010. 

Comments
Loading...