Membanggakan, Wasit Indonesia Pimpin Laga Liga Champions Asia

438

Football5Star.com, Indonesia – Thoriq Alkatiri menorehkan prestasi membanggakan dalam karier profesionalnya sebagai wasit. Pria asal Purwakarta ini masuk dalam jajaran elite wasit AFC dan dipercaya untuk memimpin laga Liga Champions Asia 2018.

Ia akan memimpin laga dua tim elit yang mempertemukan Shanghai SIPG melawan Melbroune Victory di Shanghai Stadium, Cina, Selasa (20/2/2018). Laga ini sekaligus menjadi panggung perdananya di level Asia

Selain pertandingan di Cina, Thoriq juga ditugaskan pada pertandingan pemenang play off antara klub Jepang, Thailand, dan Malaysia melawan klub asal Hongkong, Kitchee, pada Maret mendatang. Pada dua laga ini, ia akan bertugas sebagai fourth official atau standby referee.

Thoriq yang saat ini berusia 29 tahun sebelumnya juga pernah menjadi wasit di gelaran Piala AFF U-19 dan U-18. Selain itu ia, pernah menjadi wasit termuda di kompetisi teratas Liga Indonesia.

“Alhamdulillah saya mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di Liga Champions Asia. Ini jelas menjadi kebanggaan dan menunjukkan bahwa wasit Indonesia juga mempunyai kualitas,” kata Thoriq seperti dilansir pada situs resmi PSSI, Senin (12/2/2018).

“Semoga ini menjadi motivasi bagi saya dan rekan wasit lainnya. Saya juga berharap agar ke depan semakin banyak wasit Indonesia yang mendapatkan lisensi FIFA,” lanjutnya.

Thoriq sudah menekuni profesi wasit sejak usia 18 tahun. Dalam perjalanan kariernya dia pernah meraih penghargaan wasit  terbaik di ajang Indonesia Super League (ISL) 2014. Selain Thoriq, terdapat 5 wasit Indonesia lainnya yang mengantongi lisensi FIFA.