Musim Ini, Madrid Paling Irit di Antara Klub-Klub Teras Eropa

0 172

Football5Star.com, Indonesia – Real Madrid pada saat ini menjalani musim berat. di La Liga, Cristiano Ronaldo dkk. tercecer jauh di belakang Barcelona yang berada di puncak klasemen. Saat ini, Los Blancos hanya berada di posisi ke-4. Di Copa del Rey, meski sanggup lolos ke perempat final, mereka sempat tampil memalukan dengan tak menang atas Fuenlabrada dan Numancia. Kedua laga itu berakhir dengan skor 2-2.

Meskipun demikian, ada sebuah prestasi menarik yang dibuat Madrid musim ini. Di antara klub-klub teras Eropa, klub asuhan Zinedine Zidane tersebut ternyata merupakan yang paling irit di bursa transfer. Hingga saat ini, mereka hanya mengeluarkan 42,5 juta euro. Itu bahkan lebih kecil dari pengeluaran Arsenal yang menggelontorkan 55,1 juta euro.

Pengeluaran Madrid itu sangat jauh jika dibandingkan dengan sang seteru utama, Barcelona. Pengeluaran Los Blancos hanya sekitar 13 persen dari pengeluaran Blaugrana. Saat ini, dengan pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool, Blaugrana menjadi klub terboros dengan pengeluaran mencapai 312,5 juta euro. Itu melewati Manchester City yang telah membelanjakan uang 249,3 juta euro untuk pemain-pemain baru.

Ini sebuah fenomena menarik. Pasalnya, selama bertahun-tahun, terutama selama Florentina Perez menjadi presiden klub, Madrid terbiasa boros di bursa transfer. Mereka berani mendatangkan bintang-bintang besar dengan harga selangit. Publik sepak bola tentu ingat proyek Los Galacticos pada awal 2000-an. Saat itu, Madrid mengumpulkan pemain-pemain terbaik dunia, dari Luis Figo hingga Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

Pertanyaannya, apakah pengeluaran yang sangat minim itu merupakan faktor keterpurukan Los Blancos saat ini? Lalu, dengan situasi saat ini, apakah kebijakan irit di bursa transfer itu akan diteruskan pada musim depan?