Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Nasib Presiden FIGC Setelah Italia Gagal Ke Piala Dunia 2018

305

Football5star.com, Indonesia – Kegagalan timnas Italia meraih tiket untuk berlaga di putaran final Piala Dunia 2018 terus menghantui Carlo Tavecchio.

Timnas Italia takluk 0-1 dari Swedia dalam leg pertama babak play-off. Apesnya, Gianluigi Buffon dan rekan-rekan tertahan tanpa gol dalam pertemuan kedua di San Siro.

Alhasil, Italia absen di Piala Dunia 2018 atau pertama kalinya sejak 1958. Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tersebut mengaku sulit tidur.

Taveccio merasa bersalah atas pencapaian buruk timnas Italia. Salah satu keputusan yang disesalinya adalah menunjuk Gian Piero Ventura sebagai pelatih.

FIGC akhirnya memecat sang pelatih, Kamis (16/11/2017). Tavecchio menilai, Ventura telah melakukan sejumlah kesalahan.

“Masalah teknis menyebabkan bencana ini. Pelatih membuat pilihan teknis yang keliru,” ujar Ventura, seperti dilansir Mediaset.

“Kami bermain dengan cara yang salah. Tinggi pemain Swedia hampir 1,9 meter dan kami terus mengirim umpan silang ke kotak penalti. Kami membutuhkan pemain berpostur kecil, tetapi berada di kursi cadangan,” imbuhnya.

“Saya yang memilih pelatih. Saya berada di bawah tekanan dan belum tidur sejak empat hari lalu,” tandas pria berumur 74 tahun itu.

Komentar Tavecchio merujuk kepada keputusan Ventura soal Lorenzo Insigne. Winger Napoli itu hanya tampil sebagai pengganti di leg pertama dan hanya duduk di kursi cadangan di San Siro.

Menurut laporan La Reppublica, Tavecchio berencana mengundurkan diri dan FIGC bakal segera mencari presiden pengganti.