Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Nelo Vingada Mundur Dari Jabatan Pelatih Timnas Malaysia

142

Football5star.com, Indonesia – Pelatih kepala tim nasional Malaysia, Nelo Vingada, memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Langkah itu diambil setelah berdiskusi dengan Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Tunku Ismail Sultan Ibrahim.

Vingada, yang mengambil alih kursi pelatih timnas Malaysia pada Mei tahun ini, menuai hasil yang tidak memuaskan. Di bawah kendalinya, tim beralias Harimau Malaya tersebut cuma satu kali meraih hasil imbang dan kalah enam kali dari tujuh laga yang dimainkan.

Artinya, Vingada tidak memberikan dampak yang positif. Pasalnya, jika dihitung sejak mantan pelatih timnas Arab Saudi ini belum menjadi nakhoda, timnas Malaysia tidak pernah menang sejak November 2016.

“Setelah berdiskusi dengan Tunku Ismail Sultan Ibrahim, putra mahkota Johor, saya bertanggung jawab atas performa tim nasional,” ujar Vingada seperti dikutip dari Fourfourtwo, Rabu (6/12/2017).

“Sebagai rasa tanggung jawab, dengan ini saya mengumumkan untuk menyerahkan posisi pelatih kepala tim nasional dan presiden telah menerima keputusan yang saya buat.”

Vingada tidak sendirian. Dia juga memberikan informasi bahwa kedua asistennya Joao Arnaldo Correia De Carvalho dan Francisco Jose Bruto Da Costa ikut mengundurkan diri dari posisi mereka sebagai asisten pelatih dan pelatih fitnes.

Timnas Malaysia tampil buruk dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2019. Mereka finis di posisi buncit alias juru kunci Grup B karena hanya meraih satu poin sehingga dipastikan gagal menuju Uni Emirat Arab, tempat berlangsungnya Piala Asia.

FAM tidak buru-buru menunjuk pelatih baru. Meskipun demikian, mereka tak boleh terlalu lama menunggu karena event besar terdekat adalah menghadapi Piala AFF tahun 2018.