Persiapan Lambat, Piala Afrika 2019 Batal Digelar di Kamerun

Football5star.com, Indonesia – Kamerun dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Afrika 2019. Hal itu diumumkan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Jumat (30/11/2018). Pembatalan dilakukan karena persiapan yang dilakukan panitia pelaksana terlalu lambat sehingga dikhawatirkan tak akan bisa tepat waktu.

Putusan mencopot status tuan rumah dari Kamerun diambil dalam rapat yang dilakukan CAF pada Jumat tersebut. Putusan pun tak diambil begitu saja. Rapat berlangsung selama sekitar sepuluh jam hingga akhirnya disepakati untuk membatalkan status Kamerun sebagai tuan rumah Piala Afrika 2019.

CAF membatalkan status Kamerun sebagai tuan rumah Piala Afrika 2019.
lagazettedufennec.com

Dalam pernyataan resminya, CAF mengungkapkan, masih banyak persyaratan yang belum siap hingga saat ini. Padahal, CAF sudah mewanti-wanti agar tak masalah demi kesuksesan kompetisi paling prestisius di Afrika tersebut.

Negara yang akan menggantikan posisi Kamerun sebagai tuan rumah belum ditetapkan. “Kami akan berusaha menetapkan negara tuan rumah baru pada akhir tahun,” janji Presiden CAF Ahmad Ahmad selepas rapat di Accra, Ghana.

Keraguan terhadap Kamerun sebenarnya sudah ada sejak lama. Akhir tahun lalu, Ahmad Ahmad sempat memperingatkan panitia pelaksana Piala Afrika 2019 bahwa mereka masih perlu membuktikan kesiapan kepada mereka. Namun, hingga setahun berlalu, tak ada perubahan berarti.

Menurut BBC, Maroko adalah kandidat terkuat tuan rumah baru untuk gelaran Piala Afrika 2019. Adapun alternatif lainnya adalah Afrika Selatan dan Mesir.

Piala Afrika 2019 akan menjadi tonggak baru. Selain akan diikuti 24 tim, turnamen ini juga untuk kali pertama digelar pada Juni-Juli, bukan lagi Januari seperti pada edisi-edisi sebelumnya.

Comments
Loading...